Bangun Jalan Sukapura-Sumber untuk Akses B-30, Dianggarkan Rp 16 M

SUMBER – Pemkab Probolinggo mengalokasikan anggaran Rp 16 miliar untuk mengembangkan wisata puncak B-30. Peruntukannya, yakni membangun akses jalan Sukapura-Sumber. Saat ini, rencana itu masih tahap pengajuan lelang. Diperkirakan, pengerjaan dilakukan setelah hari raya Idul Fitri.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo mengatakan, program ini merupakan bentuk keseriusan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari untuk mengembangkan potensi wisata berjuluk negeri di atas awan tersebut.

“Pemerintah ingin menarik wisatawan yang datang ke Bromo bisa langsung menikmati wisata puncak B-30. Jadi, perbaikan total akses jalan dari Sukapura ke Sumber sangat diperlukan,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo.

Rencana pembangunan jalan itu, dikatakan Rachmad, baru diajukan ke pelayanan lelang. Dengan anggaran sekitar Rp 16 miliar itu, nanti akan dibangunkan jalan sistem rigid. Mulai dari Desa Sariwani, Kecamatan Sukapura, sampai ke Desa Wonokerso Kecamatan Sumber. Panjangnya total 14 kilometer dengan lebar 3,5 meter.

Sementara itu, Camat Sumber Saniwar mengatakan, wisata puncak B-30 memiliki keindahan alam yang luar biasa. Secara wilayah, puncak B-29 ataupun B-30, itu masuk wilayah Kabupaten Probolinggo. Namun, kebanyakan pengunjung ternyata memilih lewat jalur selatan (Lumajang).

Karena itu, sangat tepat apabila pemkab mengembangkan wisata B-30 dengan membangun akses jalan. Sehingga, pengunjung bisa datang ke puncak B-30 melalui jalur Kabupaten Probolinggo.

“Jika ke depan dilakukan pembangunan jalan menuju puncak B-30, dari jalur Wonoasih-Kuripan-Sumber, itu akan lebih dimudahkan dan memperluas akses jalan dari Kabupaten Probolinggo,” terangnya. (mas/rf)