Ayo Liburan Mumpung Masih Lebaran! Banyak Spot Wisata Menarik di Pasuruan-Probolinggo

LIBUR Lebaran tak hanya sekadar mudik dan berkumpul keluarga besar di kampung halaman. Selama menikmati libur, tak ada salahnya untuk berwisata. Apalagi, kini banyak destinasi wisata di Pasuruan-Probolinggo yang tetap buka ketika Lebaran. Bahkan, sejumlah tempat sudah siap menyambut.

TAWARKAN NUANSA ALAM: Ranu Grati yang menyajikan keindahan danau mistiknya. Tempat wisata ini menjadi andalan bagi wilayah timur di Kabupaten Pasuruan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Wisatawan juga bisa memilih. Mau datang ke tempat wisata alami atau buatan. Semuanya tersedia di Pasuruan dan Probolinggo. Belum lagi atraksi wisata maupun hiburan tambahan yang akan digelar di tiap-tiap tempat.

Di Kabupaten Pasuruan, tempat-tempat wisata alam ataupun buatan menjadi daya tarik tersendiri. Tempat-tempat wisata alam seperti Pemandian Alam Banyu Biru, Danau Ranu Grati, Penanjakan di Tosari atau Saygon Waterpark, Purwosari maupun Taman Safari Indonesia II di Prigen.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan tahun ini tetap mengidolakan Banyu Biru sebagai daya tarik pengunjung saat Lebaran. “Banyu Biru ini memang sudah rutin ramai setiap libur Lebaran. Bahkan, ada semacam tradisi bagi warga masyarakat sekitar di Kabupaten Pasuruan wilayah timur,” terang Endang Pudjiati, kabid Destinasi Wisata Disparbud Kabupaten Pasuruan.

Di libur Lebaran tahun ini tetap memberikan hiburan tambahan kepada pengunjung. Pemilihan orkes melayu menambah daya tarik wisatawan sekitar.

Endang mengatakan, untuk Pemandian Banyu Biru di Hari H Lebaran masih ditutup sampai tanggal 7 Juni. Sehingga, baru dibuka pada tanggal 8 Juni. Untuk hiburan orkes bakal dihadirkan 5 hari berturut-turut sampai Lebaran ketupat pada 12 Juni.

“Dipastikan pengunjung di Banyu Biru akan membludak pada 8 sampai 12 Juni atau Lebaran ketupat,” terangnya.

Karena ada event khusus, sesuai Perda Nomor 13 Tahun 2016 tentang Retribusi Tempat Wisata dan Olahraga, tiket di Banyu Biru dinaikkan. Dari yang biasanya Rp 5 ribu menjadi Rp 15 ribu.

Sedangkan Ranu Grati, diprediksi tetap menjadi jujukan wisata. “Apalagi di sana ada perahu yang bisa dinikmati untuk naik bersama keluarga atau menikmati danau. Sehingga, masih ada potensi kenaikan wisata saat libur Lebaran,” ungkap Rudi Supiono, bendahara penerimaan tempat wisata Disparbud Kabupaten Pasuruan.

Beralih ke dataran tinggi. Wisatawan bisa menikmati Bromo via jalur Tosari. Di sepanjang jalur ini, juga banyak destinasi di samping Penanjakan. Sebut saja Bromo Forest, Taman Edelweiss di Wonokitri. Pos pengunjung ke Tosari diprediksi naik. Ini, sesuai dengan kenaikan pengunjung Penanjakan Bromo bagi wisatawan yang lewat Pasuruan.

Sedangkan di wilayah barat Kabupaten Pasuruan ada Saygon Waterpark yang terletak di Desa Pucangsari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Lukas Cahyabuana, marketing manager Saygon Waterpark mengatakan, wiatawan dari luar Pasuruan berdatangan.

“Biasanya lonjakan pengunjung bisa lipat tiga. Justru dari luar daerah seperti Sidoarjo, Surabaya, Gresik, dan sebagainya,” terangnya. Saygon Waterpark akan dibuka 6 Juni. Saygon Waterpark juga memberikan tambahan live music. (eka/tom/fun)