Alokasikan Rp 5 Miliar untuk Shelter TPA Wonokerto

BANGIL – Pemanfaatan tempat pembuangan akhir (TPA) Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, belum bisa direalisasikan segera. Selain masih adanya limbah di kawasan setempat, juga belum adanya shelter yang berfungsi sebagai tempat penampungan sampah.

SERING OVERLOAD: TPA Kenep di Beji yang kerap penuh. Alasan itulah yang membuat pemkab membangun TPA baru di Wonokerto. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Menurut Plt Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Indra Hernandi, pemanfaatan TPA Wonokerto diharapkan bisa dilakukan tahun ini. Hal ini seiring dengan daya tampung TPA Kenep, Kecamatan Beji, yang sudah tak mumpuni.

Hanya saja, ia mengakui hal itu tidak mudah diwujudkan segera. Sebab, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Selain pemindahan limbah yang tertampung di kawasan setempat, juga pembangunan shelter yang harus dilakukan.

“Kami rencanakan tahun ini pembuatan shelter itu dilakukan. Termasuk pula, pemindahan limbah yang ada di kawasan setempat,” kata Indra.

Untuk merealisasikannya, dana miliaran rupiah sudah disiapkan. Dana itu bersumber dari APBD 2019. “Anggarannya sudah kami siapkan. Besarnya Rp 5 miliar untuk pembangunan shelter serta fasilitas penunjang,” sampainya.

Sejauh ini, DLH memang melakukan penataan TPA Wonokerto. Bahkan, penataan kembali dilanjut di tahun ini. Di lahan TPA seluas 4,58 hektare tahun lalu telah dibangun pagar safety berupa tembok. Juga tempat isolasi limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3).

Adapun pembangunan fisik lainnya di tahun ini lebih banyak. Di antaranya jembatan di jalan baru, kantor TPA, pembangunan instalasi gas metan, dan penataan isolasi limbah B3. Serta, pembangunan IPAL air lindih.

Penataan TPA Wonokerto dikerjakan mulai tahun lalu karena belum tuntas, sehingga dilanjutkan pada tahun ini. Pendanaannya dialokasikan sekitar Rp 7,5 miliar.

Anggaran sebesar itu diperuntukkan di TPA Wonokerto dari APBD dan dari dana Bagi Hasil Cukai Tembakau.

Jika pekerjaan sarana dan prasarana ini selesai dikerjakan, maka TPA Wonokerto sudah bisa difungsikan atau beroperasi. Targetnya akhir tahun ini atau awal tahun depan. (one/fun)