Terlelap, Pemilik Rumah di Beji Nyaris Terbakar saat Api Lalap Rumahnya

BEJI – Kebakaran melanda sebuah rumah warga di Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Untungnya, pemilik rumah tersebut berhasil diselamatkan warga setempat. Akibat kebakaran itu, kerugian ditafsir mencapai ratusan juta rupiah.

Insiden itu terjadi Jumat (7/6) sekitar pukul 14.30. Saat itu, Pauwan, 67, pemilik rumah tersebut tengah tertidur di ruang tamu. Ia lantas terbangun lantaran kepalanya terasa panas. Dari luar rumah, sejumlah tetangganya sudah berkumpul usai melihat kobaran api.

“Kemudian saksi masuk ke rumah, menolong korban keluar dari dalam rumah,” ujar Kanit Reskrim Polsek Beji, Ipda Tatok.

Sementara asap pekat mengepul dari kamar tidur. Api kian membesar, sehingga warga kesulitan memadamkan api dari dalam rumah. Mereka kemudian memadamkan api dari luar rumah dengan alat seadanya.

Tak lama kemudian petugas PMK Kabupaten Pasuruan tiba di lokasi. Petugas berjibaku denganbsi jago merah selama sekitar 30 menit. Api benar-benar padam sekitar pukul 15.15. Setelah itu polisi menggelar olah TKP untuk menyelidiki penyebab kebakaran itu.

Sejauh ini, polisi menduga kebakaran itu dipicu adanya korsleting listrik dari stop kontak di dekat pintu kamar tidur. “Kemudian api menjalar ke atap kama dan membakar peralatan rumah tangga yang ada diatas atap kamar,” jelasnya.

Bongkahan kayu di atap rumah itu berkobar dan jatuh hingga membakar kasur di kamar itu. Hingga kemudian menjalar luas dan nyaris seisi rumah ikut terbakar. “Kerugian diperkirakan Rp 100 juta,” katanya. (tom/fun)