Proyek Sentra PKL di Pasar Pasrepan Direalisasikan Juli Mendatang

BAKAL DITATA: PKL di depan Pasar Pasrepan. Disperindag berencana membangun sentra PKL agar lokasi di sekitar Pasar Pasrepan tidak semrawut. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASREPAN – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan berusaha menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di areal Pasrepan dengan membuat sentra PKL. Rencananya, sentra PKL bakal dibangun di sebelah selatan Pasar Pasrepan dan pengerjaan dimulai bulan Juli mendatang.

Edy Suwanto, kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan mengatakan, untuk pembangunan sentra PKL yakni untuk memberikan tempat yang lebih representatif bagi PKL. Dimana sebelumnya berada di areal depan Ruko Pasar Pasrepan.

“Karena ruko depan Pasar Pasrepan akan difungsikan. Sehingga, PKL yang di depan segera ditertibkan dan bakal ditempatkan di sebelah selatan pasar,” terangnya.

Jumlah PKL diperkirakan ada 60 pedagang. Diakui, hal itu membuat wajah depan ruko pasrepan masih terlihat semrawut.

Termasuk keberadaan mereka juga membuat arus lalu lintas di Jalan Raya Pasrepan juga terganggu lantaran berada persis di pinggir jalan. Di tempat yang baru nanti, tidak hanya memindahkan ke areal yang kosong. Disperindag Kabupaten Pasuruan bakal menjadikan sentra PKL yang lokasinya lebih representatif.

Anggaran untuk merealisasikan program tersebut mencapai Rp 1,5 miliar. Anggaran tersebut nantinya untuk pengurukan tanah, pavingisasi, saluran air agar tidak sampai becek. Termasuk fasilitasi tenda untuk PKL agar terlihat tertib. “Untuk sentra PKL sendiri rencananya bakal mulai digarap bulan Juli mendatang. Sehingga, penataan PKL juga lebih tertib dan representatif,” ujarnya. (eka/fun)