Masa Berlaku SIM Habis saat Lebaran? Ini Saran Kasatlantas

KADEMANGAN – Pemerintah menetapkan libur bersama Lebaran 2019 untuk PNS selama 10 hari. Bersamaan dengan itu, layanan SIM juga diliburkan. Sebagai gantinya, SIM yang habis masa berlakunya bertepatan dengan libur bersama, akan dilayani di masa tenggang.

Libur bersama ini, dimulai Kamis (30/5) bertepatan dengan libur nasional Kenaikan Isa Almasih, sampai Minggu (9/6). Dan, baru masuk pada Senin (10/6).

Hal ini juga berlaku di wilayah Satlantas Polres Proboliggo Kota, sesuai dengan ST Kapolri Nomor: ST/1400/YAN.1.1/2019 tanggal 21 Mei 2019. Disebutkan, pelayanan penerbitan SIM libur pada 30 Mei – 09 Juni 2019. Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada 30 Mei – 09 Juni 2019, dapat diperpanjang pada masa tenggang. Yaitu, pada 10-18 Juni 2019.

“Bagi warga yang masa berlaku SIM-nya habis pada tanggal tersebut, dapat diperpanjang mulai 10 Juni hingga 18 Juni dengan mekanisme perpanjangan,” kata Kasatlantas Polres Probolinggo Kota AKP Kemadji.

Namun, bagi pemegang SIM yang tidak memperpanjang masa berlaku pada batas akhir tanggal tersebut, akan diberlakukan prosedur penerbitan SIM baru. “Di luar rentang waktu sesuai itu, harus penerbitan SIM baru,” tambah AKP Kemadji.

Kasatlantas pun mengimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan yang diberikan. Selain itu, saat pelaksanaan Operasi Ketupat, masyarakat diminta menaati peraturan lalu lintas yang ada. (rpd/hn)