Kepastian Kantor Definitif Bawaslu Probolinggo Belum Jelas

MAYANGAN – Meskipun telah menjadi badan tetap seperti halnya KPU, namun Bawaslu Kota Probolinggo belum punya kantor definitif. Diperkirakan, baru tahun depan Bawaslu dapat kepastian tentang kantor definitif.

“Kalau untuk saat ini memang belum ada kantor definitif untuk Bawaslu. Kemungkinan baru tahun 2020 dengan bekoordinasi dengan pemerintah daerah,” ujar Azam Fikri, ketua Bawaslu Kota Probolinggo.

Saat ini Bawaslu masih menempati kantor sewa dengan masa sewa 1 tahun. Namun, Bawaslu bisa pindah sewaktu-waktu, jika bangunan yang disewa tersebut berpindah tangan ke pihak lain.

“Untuk saat ini kantornya masih sewa. Dan, itu pun bisa berubah situasinya, jika tempat yang kami sewa ini berganti kepemilikan. Untuk yang sekarang masa sewanya 1 tahun,” ujarnya.

Azam menjelaskan, tidak ada anggaran khusus untuk pembangunan kantor Bawaslu. Baik dari Bawaslu RI maupun Bawaslu Jatim. Namun, kantor disiapkan oleh masing-masing pemerintah daerah masing.

Kantor yang digunakan Bawaslu saat ini berada di Jalan Panjaitan, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Kantor tersebut telah digunakan Bawaslu sejak persiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2018. (put/hn)