500 Unit Koperasi di Kab Pasuruan Incar NIK

PASURUAN – Jumlah koperasi di Kabupaten Pasuruan mencapai 967 unit. Namun, dari jumlah itu sejauh ini baru 304 atau 30 persen yang mengantongi Nomor Induk Koperasi (NIK). Tahun ini, ada 500 koperasi yang ditarget bisa mendapatkan NIK.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan Edy Nurhadi mengatakan, sejak 2017, Kementerian Koperasi memberlakukan pendataan NIK. NIK ini sebagai pendataan koperasi dengan kriteria tertentu. Salah satunya manajemen yang sehat. “Sampai akhir 2018, dari 967 koperasi di Kabupaten Pasuruan yang aktif, baru 304 yang ber-NIK. Masih sekitar 30 persen,” ujarnya.

Dinas Koperasi sejatinya sudah menyosialisasikan pendataan NIK kepada koperasi. Namun, pihak koperasi ada yang proaktif dan tidak. Koperasi yang sehat proaktif. Seperti jelas laporan manajemennya, termasuk rutin melakukan rapat anggota tahunan (RAT).

Tahun ini, ada 500 koperasi yang ditarget bisa mendapatkan NIK. “Kami lakukan bertahap, yang secara manajemen, SDM, dan pelaporan sudah siap, bisa kami ajukan ke Kementerian Koperasi untuk pendataan NIK,” ujar Edy. Nantinya, dari pusat akan ada tindak lanjut seperti peninjauan langsung ke lapangan.

Menurutnya, banyak keuntungan jika koperasi sudah mengantongi NIK. Selain terdata di pusat, juga bisa digunakan untuk mengurus Online Single Submission (OSS) jika mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB). “Kalau bisa masuk OSS, maka bisa kerja sama dengan pihak lain untuk kerja sama permodalan ataupun sebagainya,” ujarnya. (eka/rud)