Polisi Imbau Tidak Lakukan Takbir Keliling, Ini Sebabnya

PURWOREJO – Setiap malam Hari Raya Idul Fitri, biasanya banyak warga yang turun jalan melakukan takbir keliling. Namun, kini Polres Pasuruan Kota mengimbau warga Kota Pasuruan tidak melakukannya. Korps Bhayangkara ini berharap masyarakat melakukan takbir di masjid dan musala.

Kasubbag Humas Polresta Pasuruan AKP Endy Purwanto mengatakan, masyarakat diharapkan melakukan takbir di masjid. Ini, bertujuan agar kondisi lalu lintas tidak terganggu dengan kemacetan akibat pawai takbir keliling.

Namun, Endy mengaku pihaknya tidak bisa serta merta melarang masyarakat secara penuh. Jika ada yang tetap melakukan takbir keliling, pihaknya berharap masyarakat menggunakan atribut lengkap kendaraan dan tidak menggunakan kendaraan bak terbuka.

“Imbauan ini tidak memaksa. Jika ingin melakukan pawai, tidak apa-apa asalkan tertib. Namun, usahakan tidak menggunakan pikap dan semacamnya. Sebab ini kan untuk muat barang. Alangkah baiknya jika melakukannya di masjid,” ujarnya.

Menurutnya, jika tetap ditemukan masyarakat yang melanggar, Satlantas akan melakukan langkah persuasif. Jika upaya ini tidak berhasil, pihaknya tidak akan segan-segan menindak langsung.

“Kami juga menyiapkan personel di setiap jalan menuju perkotaan. Takbir keliling akan kami arahkan melalui jalan yang dinilai tidak terlalu padat agar tidak menimbulkan kemacetan. Keamanan dan keselamatan pengguna jalan kami prioritaskan,” ujar Endy. (riz/fun)