Pelayanan RSUD dr Soedarsono Tetap Nonstop meski Libur Lebaran

BUGULKIDUL – Masyarakat Kota Pasuruan tidak perlu risau untuk berobat selama libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pasuruan memastikan puskesmas dan pelayanan RSUD dr. R. Soedarsono, Kota Pasuruan, tetap beroperasi selama libur Lebaran.

Plt Kepala Dinkes Kota Pasuruan dr. Shierly Marlena mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Karenanya, puskesmas dan RSUD tidak akan libur selama Lebaran. “Mereka tetap melayani selama Lebaran. Puskesmas beroperasi selama jam operasional, sedangkan RSUD tetap beroperasi selama 24 jam,” ujarnya.

Dinkes juga sudah menyediakan posko kesehatan untuk pelayanan kesehatan bagi pemudik. Rest area ini berlokasi di tiga titik. Di Alun-alun Kota Pasuruan, Masjid Al Kautsar, dan Terminal Blandongan. “Ini untuk mengurangi risiko pengemudi sakit dalam perjalanan. Kami akan memberinya obat-obatan dan vitamin untuk dikonsumsi,” ujar Shierly.

Satpol PP Kota Pasuruan juga memastikan akan tetap menyiagakan personelnya selama libur Lebaran. Tujuannya, menjaga keamanan dan kondusivitas di Kota Pasuruan. “Ada 40 personel yang kami siagakan selama Lebaran. Sistemnya bakal dibagai shift pagi dan malam. Jadi, tidak ada yang libur,” ujar Kabid Ketenteraman dan Ketertiban (Trantib) Satpol PP Kota Pasuruan Muhammad Nur Fadholi.

Nur Fadholi menjelaskan, penyiagaan personel ini bertujuan menjaga keamanan Kota Pasuruan. Terutama dari serbuan anak jalanan (anjal), gelandangan, dan pengemis (gepeng), termasuk pedagang kaki lima (PKL). “Penindakan selama Lebaran tetap kami lakukan. Entah itu dari gepeng, anjal, atau PKL yang membandel. Langkah persuasif kami utamakan,” ujarnya

Demi membantu kelancaran arus mudik Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan juga memastikan tetap menyiagakan anggotanya. Petugas ini akan ditempatkan di sejumlah titik.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Pasuruan Andriyanto mengatakan, pihaknya menyiagakan enam petugas selama libur Lebaran. Mereka akan ditempatkan di sejumlah posko dan titik rawan kemacetan. Seperti di di Alun-alun Kota Pasuruan, di Masjid Al Kautsar, dan rest area Terminal Blandongan.

“Tentu pelaksanaan arus mudik juga menjadi perhatian kami. Kami juga membantu Satlantas Polres Pasuruan Kota untuk melancarkan arus mudik Lebaran,” ujarnya. (riz/fun)