Gagal Curi Motor, Warga Legok Dimassa-Motor Dibakar, Pelaku Lain Kabur  

WONOREJO-Paito, 36, warga Dusun Ngering RT 10/ RW 5, Desa Legok, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Selasa (4/6) jadi bulan-bulanan massa. Itu setelah aksinya hendak mencuri motor di pinggir jalan Dusun Krajan, Desa Karagasem, Kecamatan Wonorejo berhasil digagalkan.

Tak cukup menghajar Paito. Warga yang geram karena seorang pelaku lainnya berhasil kabur dan kerapnya aksi pencurian motor, melampiaskan kekesalan dengan membakar motor yang digunakan Paito.

DIAMANKAN: Paito saat diamankan petugas. (Istimewa)

Informasi yang dihimpun menyebutkan, aksi pencurian motor itu terjadi sekitar pukul 08.45. Pagi itu, Paito memang tak sendirian. Ia beraksi dengan seorang pelaku lainnya yang berinisial N (masih buron).

Kedua pelaku awalnya berboncengan naik motor Honda Vario warna hitam kombinasi merah bernopol W2685 UO. Paito yang mengendarai motor. Sementara N dibonceng.

Saat sampai di lokasi kejadian, keduanya melihat motor yang diparkir di pinggir sawah. N turun lantas mengeluarkan kunci letter T untuk mengambil motor warga yang diparkir itu.

“Pelaku N berhasil mengambil dan membawa kabur motor itu. Saat kedua pelaku berjalan beriringan, keduanya diketahui oleh pelapor (korban Rogib),” ujar AKP I Made Jayanatra, Kapolsek Wonorejo.

Rogib pun lantas meneriaki kedua pelaku maling. Tak berselang lama, warga pun berdatangan untuk melakukan pengejaran pada dua pelaku.

Namun, pelaku N berhasil kabur dengan membawa kabur motor korban. Sementara Paito berhasil ditangkap. Kotan saja, Paito pun sempat jadi bulan-bulanan warga.

Tak berselang lama, polisi datang. Pelaku dan motor yang hangus pun diamankan ke Mapolsek Wonorejo. “Kami masih lakukan penyelidikan dan memburu pelaku lainnya,” jelas Made.

Perwira polisi dengan tiga setrip di pundaknya itu menjelaskan, pelaku Paito sudah beberapa kali beraksi. “Ngakunya tiga kali beraksi,” jelasnya. (zal/mie)