Demi Kenyamanan-Keamanan Mudik, Tes Kesehatan-Urine Sopir Bus di Terminal Pandaan

PANDAAN – Mendekati hari H Lebaran 1440 Hijriah, tim Dokkes Polres Pasuruan melakukan tes kesehatan dan urine sopir bus di Terminal Tipe A Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Hasilnya, banyak sopir mengalami tekanan darah tinggi dan darah rendah.

Kegiatan ini berlangsung sekitar sejam. Selain dari dokkes, juga melibatkan petugas lantas Polsek Pandaan dan staf Terminal Pandaan. Ada lima sopir bus yang diperiksa. Mereka dicek tekanan darah atau tensi dan dilanjutkan tes urine.

“Pemeriksaan kesehatan dan urine ini penting. Terutama, untuk sopir bus merupakan angkutan Lebaran. Guna mengetahui kondisi kesehatan secara fisik juga mendeteksi pemakaian narkoba ataukah tidak,” ujar Kasubag Humas Polres Pasuruan AKP Hardi.

Sopir yang kondisinya kurang fit diberi obat sesuai penyakitnya. Namun, rata-rata mereka mengalami tekanan darah tinggi dan darah rendah. “Semua sopir bus yang kami periksa untuk tes urinenya negatif,” ujarnya. Rencananya, kegiatan serupa akan dilakukan kembali setelah Lebaran. (zal/fun)