Bupati dan Wali Kota Probolinggo Siapkan Open House saat Lebaran

KRAKSAAN – Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah akan menjadi momen saling bersilaturahmi bagi warga. Begitu juga dengan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin. Sejumlah tempat disiapkan untuk menggelar open house.

Pendapa Bupati Probolinggo yang juga akan dijadikan tempat untuk open house. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

Bupati akan menggelar open house di tiga tempat. Yakni, di Guest House Kraksaan; Pondok Hati di Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan; dan di Pendapa Bupati di Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Sedangkan, Wali Kota akan menggelar open house di rumah dinasnya.

Kepala Bagian Humas Protokol dan Rumah Tangga Pemkab Probolinggo Heri Mulyadi mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Bupati akan menggelar open house. Tahun ini, rencananya akan digelar di tiga tempat.

Mantan camat Leces itu mengatakan, sebelum open house, Bupati akan salat Id di Masjid Agung Ar Raudlah Kraksaan. Setelah itu, akan menuju ke Guest House untuk beramah tamah dan menerima tamu. “Khusus di Kraksaan ada dua. Di Pondok Hati dan di Guest House. Setelah dari Guest House, baru akan dilanjutkan di Pondok Hati,” ujarnya.

Heri memastikan, open house terbuka bagi seluruh warga Kabupaten Probolinggo yang ingin bersilaturahmi langsung dengan Bupati dan Wakil Bupati. Baik di Guest House Kota Kraksaan maupun di Pondok Hati. “Dibuka untuk umum. Siapa saja boleh hadir,” ujarnya.

Sedangkan, di pendapa baru akan dimulai setelah Bupati melakukan open house di kedua lokasi di Kraksaan. Sifatnya juga terbuka untuk umum. Disinggung soal anggaran, Heri tidak menjawab. “Untuk dananya ada di Bagian Kesra,” ujarnya.

Sedangkan, Kepala Bagian Kesra Didik Abdur Rohim juga mengaku tidak tahu pasti. Ia melimpahkan pertanyaan Jawa Pos Radar Bromo kepada bawahannya, Zainur. Menurut Zainur, anggaran open house Bupati menjadi satu dengan kegiatan Kesra selama Ramadan. “Jadi satu selama Ramadan kegiatannya. Untuk rinciannya, saya kurang paham,” ujarnya.

Kegiatan serupa juga akan dilakukan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin. Dia akan menggelar open house di Rumah Dinas Wali Kota Probolinggo di Jalan Panglima Sudirman. “Acara ini dilakukan saat hari pertama Idul Fitri dan terbuka bagi masyarakat umum,” ujarnya.

Hadi mengatakan, open house akan dilakukan mulai pukul 07.00 sampai pukul 12.00. Warga yang hadir juga akan disuguhi dengan hidangan khas Lebaran. “Silakan datang masyarakat untuk bersilaturahmi,” ujarnya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Probolinggo Mardi Prihatini mengatakan, kegiatan open house hanya digelar di Rumah Dinas Wali Kota dan Wakil Wali Kota. “Kalau harinya kapan, kan masih menunggu kepastian dari Kemenag untuk penetapan Idul Fitri,” ujarnya. (sid/put/fun)