Tol Paspro Masih Gratis sampai H+7 Lebaran

LECES – Pemudik yang memanfaatkan ruas jalan tol Pasuruan-Probolinggo, tak perlu risau memikirkan tarif tol. Sebab, ruas jalan bebas hambatan itu masih belum dipungut biaya alias gratis.

Hingga Minggu (2/6), belum ada penetapan tarif tol sepanjang 34 kilometer tersebut. Bahkan, kebijakan tol gratis itu diberlakukan hingga H+7 hari raya Idul Fitri.

Sukiran, manajer operasional PT Trans Jawa Tol Paspro mengatakan, sejauh ini belum ada keputusan dari pemerintah terkait tarif tol Paspro. “Untuk tarif tol Paspro, sampai sekarang belum ada SK Penetapannya. Jadi, masih tetap gratis dan diperkirakan sampai H+7 hari raya Lebaran nanti,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo.

Selama arus mudik, dikatakan Sukiran, pihaknya sudah mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di tol Paspro. Yakni, dengan menyiagakan mobile rider.

“Jadi, saat ada kepadatan dan antrean panjang, ada petugas yang membawa mobile rider menghampiri para pengemudi. Sehingga, mereka (pengemudi) bisa tempelkan e-tolnya ke alat mobile rider tersebut. Jadi, tidak membutuhkan waktu lama bagi pengendara saat melintas di pintu masuk-keluar tol,” terangnya.

Sukiran menjelaskan, untuk petugas mobile rider sudah disiapkan 6 orang di exit tol Leces. Serta, 4 petugas pemegang mobile rider di Tongas.

Sehingga, tiap pintu keluar masuk tol ada petugas yang menghampiri para pengemudi langsung. ”Kami juga siapkan petugas untuk memonitoring peralatan tol. Sehingga, selama arus mudik, tidak sampai ada alat tol yang trouble,” terangnya. (mas/mie)