Perbaikan Jalan Rusak di Puntir-Tutur Digarap Bulan Depan

SEGERA DIBENAHI: Jalan di Puntir, Purwosari yang menghubungkan ke Jalan Tutur. Jalur wisata ini sudah lama rusak dan akan dilakukan perbaikan permanen. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOSARI – Kerusakan jalan di jalur menuju Bromo, mendapat perhatian tahun ini. Salah satunya jalan rusak di ruas jalur Puntir, Purwosari menuju ke Kecamatan Tutur. Kerusakan disana dipastikan akan segera diperbaiki dalam waktu dekat. Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan menargetkan pengerjaan bisa dimulai Juli mendatang.

Kondisi jalan di Desa Puntir, Purwosari menuju ke Kecamatan Tutur memang sudah sejak lama rusak. Ini lantaran tonase kendaraan yang cukup tinggi dari perusahaan sekitar sehingga akses jalan masih banyak yang bergelombang dan berlubang.

Muslimin, 45, warga Nongkojajar, mengatakan kendati sudah ada tambal sulam, kerusakan jalan tetap terjadi. Ini lantaran kendaraan yang lewat cukup tinggi. “Seharusnya lebih diperhatikan jalannya, apalagi ini jalur wisata dan akses masyarakat sekitar,” terangnya.

Harapannya jalur Puntir ke Tutur ada perbaikan menyeluruh tidak lagi tambal sulam. Sehingga akses kendaraan bisa nyaman menuju ke Tutur.

Hari Apriyanto, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan memastikan bahwa jalur Puntir ke Tutur dipastikan akan diperbaiki dalam waktu dekat. Bahkan anggarannya cukup besar hingga Rp 47 Miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan.

Dikatakan ada kurang lebih 6 kilometer jalan yang rusak. Setelah perencanaan, targetnya pada bulan Mei – Juni ini sudah mulai tahap lelang. “Kalau lelang lancar, kami targetkan bulan Juli sudah mulai pengerjaan di Jalan Puntir ke atas,” terangnya.

Sebelumnya, Dinas Pu Bina Marga Kabupaten Pasuruan memang menargetkan perbaikan jalan bisa dilakukan bulan April lalu .Namun karena ada aturan baru terkait sertifikat SMK3 atau Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sehingga lelang dan pengerjaan juga harus mundur.

“Kalau Juli bisa dikerjakan, target 4 bulan bisa selesai sehingga sekitar bulan Oktober sudah selesai dan jalan bisa nyaman dilalui,” ujarnya. (eka/fun)