KPU Serahkan Berkas Audit Dana Kampanye, Selanjutnya Bakal Umumkan Terbuka

KUMPUL: Penyampaian hasil audit Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye yang digelar KPU Kota Pasuruan Sabtu (1/6) malam lalu. (KPU Kota Pasuruan for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – KPU Kota Pasuruan telah menerima hasil audit Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) dari auditor. KPU juga telah menyampaikan hasil audit itu kepada masing-masing partai politik peserta pemilu.

Penyampaian hasil audit itu dilakukan di Kantor KPU Kota Pasuruan, Sabtu (1/6) malam. Sebanyak 14 perwakilan partai politik peserta pemilu di Kota Pasuruan hadir.

Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Hukum, Royce Diana Sari menjelaskan pihaknya menerima hasil audit dari Kantor Akuntan Publik (KAP) pada Jumat (31/5) lalu. Hasil audit itu berupa kepatuhan pelaporan dana kampanye.

“Seperti kepatuhan terhadap aturan dilaporkannya tepat waktu atau tidak, sumber dananya sesuai ketentuan atau tidak, serta jumlah penerimaan pembelanjaan,” ujarnya.

Royce menyebut pihaknya hanya menyampaikan berkas hasil audit dari KAP kepada partai politik peserta pemilu saja. Terkait dengan tingkat kepatuhan berdasarkan audit, kata Royce, akan diumumkan secara resmi.

Pengumuman itu juga bersifat terbuka. “Dalam waktu dekat akan diumumkan oleh KPU ke publik. Pengumumannya nanti di papan informasi KPU dan di website juga,” ungkap dia.

Dalam pengumuman nanti, lanjut Royce, publik dapat mengetahui langsung tingkat kepatuhan peserta pemilu dalam pelaporan dana kampanye masing-masing. “Jadi, hasilnya masing-masing parpol dinyatakan patuh atau tidak patuh berdasarkan audit pelaporan dana kampanyenya,” tandasnya. (tom/fun)