Kotak Amal Musala di Tisnonegaran Dibobol, Duit Receh Amblas

KANIGARAN – Kawanan pencuri menyatroni Musala Al Munawaroh di Jalan Letjen Sutoyo, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Kotak amal musala setempat pun berhasil dibobol.

Isi kotak amal itu baru diketahui dimaling saat takmir musala melakukan pengecekan Kamis (30/5) siang. Untungnya saat kotak amal itu dibobol, takmir sudah mengambil sebagian duit dalam kotak amal.

Sekretaris musala Sunargio, 61, mengatakan, setiap 10 hari sekali, isi kotak amal dikeluarkan dan disimpan. Nah, pada Rabu (29/5) malam, isi kotak amal itu dikeluarkan.

Duit yang dikeluarkan itu sekitar Rp 1 juta lebih. Di dalam kotak amal, tersisa duit receh. “Uang recehnya mulai dari pecahan lima ratus dan seribu duit koin yang masih ada di dalam kotak amal itu. Mungkin sekitar Rp 70 ribu,” terangnya.

Rencananya, pada Kamis siang ia hendak mengumpulkan uang receh tersebut. Namun, sekitar pukul 14.00, ia melihat kondisi kotak amal sudah rusak.

Engselnya lepas. Sedangkan uang receh yang ada di dalam kotak amal pun raib. “Jadi, pas saya lihat, engsel belakang kotak itu sudah rusak. Sepertinya dicongkel oleh pelaku,” terangnya.

Setelah diperiksa, diduga pelaku masuk dengan cara mencongkel jendela musala. “Jadi, lokasi musalanya dekat dengan kantor kelurahan dan TK. Diduga, pelaku ini masuk lewat jendela. Soalnya ada bekas congkelan,” bebernya.

Saat ini Sunargio pun telah melakukan perbaikan pada kotak amal yang rusak itu. “Jadi, kotaknya sudah kami perbaiki. Terkait dengan kejadian itu (pencurian), memang kami tidak lapor polisi. Sebab, yang hilang tak seberapa. Hal ini menjadi pelajaran bagi kita juga agar terus berhati-hati,” jelasnya. (rpd/mie)