Jatuh dari Motor, Penjambret asal Rembang Dibekuk di Sukorejo

SUKOREJO – Aksi pencurian dengan kekerasan (curas), berhasil digagalkan, Sabtu (1/6). Adalah Sugiono, 39, yang gagal menjambret dompet milik Siti Halimah, 43. Kini, warga Dusun Krajan, Desa Kalisat, Kecamatan Rembang itu mendekam di sel tahanan Mapolsek Sukorejo.

Penjambretan itu sendiri terjadi di ruas jalan nasional jurusan Surabaya–Malang. Masuk Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan.

Saat itu pukul 14.30, korban mengendarai Yamaha Mio. Warga Desa/Kecamatan Nguling yang berdomisili di Desa Karangsono, Kecamatan Sukorejo, itu membonceng anak laki-lakinya yang berusia 10 tahun. Sebuah dompet, diselipkan di dasbor motornya.

Tiba-tiba, tersangka muncul dengan mengendarai motor Suzuki Satria. Diduga, tersangka sudah mengincar korban. Sebab, tersangka langsung memepet motor korban. Lalu, sejurus kemudian, tersangka menarik dompet korban di dasbor motornya.

Korban pun kaget. Namun, rupanya dia tidak kehilangan akal. Buktinya, korban langsung sadar jadi korban penjambretan. Dia pun langsung menarik dompet yang diambil tersangka.

Sempat terjadi tarik menarik dompet antara korban dan tersangka. Hingga kemudian, korban dan tersangka sama-sama kehilangan keseimbangan.

Korban dan anaknya terjatuh dari motor. Sementara tersangka juga ikut terjatuh bersama motornya. Namun, sesaat sebelum jatuh, tersangka membuang dompet korban di sekitar tempat itu.

Begitu jatuh, korban langsung tak sadarkan diri. Sementara anaknya hanya luka ringan. Korban pun dilarikan ke Puskesmas Sukorejo sebelum kemudian dirujuk ke RSSA Malang.

Adapun pelaku, langsung dikepung warga di sekitar TKP. Pelaku bahkan sempat berusaha kabur, namun berhasil diamankan petugas patroli Polsek Sukorejo yang sedang melintas.

“Sebelum tersangkanya diamankan, dompet milik korban dibuang tersangka di sekitar TKP. Namun, akhirnya berhasil ditemukan. Tersangka juga sempat melarikan diri. Namun, lebih dulu dikepung warga sekitar dan petugas patroli yang sedang melintas,” ungkap Kanitreskrim Polsek Sukorejo Bripka Soni Julianto.

Saat itu juga, tersangka diamankan ke Polsek Sukorejo. Bersama tersangka, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti. Yaitu, satu buah dompet warna cokelat milik korban berisi uang tunai Rp 1.733.300, satu buah SIM dan STNK, satu buah ATM, sejumlah kartu berharga lainnya. Kemudian dua unit motor, masing-masing Yamaha Mio dan Suzuki Satria, diamankan juga oleh petugas.

“Korbannya selamat, sempat tak sadarkan diri sehingga harus dirujuk ke RSSA Malang dari Puskesmas Sukorejo. Anaknya yang dibonceng juag selamat. Hanya luka ringan atau lecet,” katanya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 365 KUHP. Ancaman maksimalnya tujuh tahun penjara.

“Tersangka baru pulang dari penjara sekitar dua pekan lalu. Dia seorang residivis kasus penadah curanmor dengan TKP di Malang,” tegasnya. (zal/fun)