Sejenak dengan Petugas Ekstra Penjaga Lintasan KA Tak Berpalang Pintu

BARU TIGA MINGGU: Petugas ekstra perlintasan kereta api di jalan Sunan Muria. Nampak Kurniawan (bercelana biru) dan Fuad saat berjaga di lokasi perlintasan. (Ridhowati Saputri/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

Pemantauan jalur transportasi kereta api (KA) semakin diintensifkan. Seperti yang dilakukan DAOP IX dengan menempatkan sekitar 130 petugas ekstra di perlintasan tanpa palang pintu. Mereka ditugaskan untuk mengawal perjalanan KA yang melintas selama arus mudik dan arus balik lebaran.

——————

Suasana di sekitar jalan Sunan Muria Sabtu sore (1/6) nampak ramai dengan aktivitas warga yang melintas. Sepeda motor, kendaraan roda 3, mobil, nampak santai melintas jalan dengan rel kereta tanpa pintu pengaman.

PUNYA TUGAS: Kurniawan dan Fuad yang memang dikontrak Daop IX untuk menjaga perlintasan selama arus mudik-balik Lebaran. (Ridhowati Saputri/Jawa Pos Radar Bromo)

Tidak jauh dari perlintasan kereta, nampak sebuah tenda berwarna oranye bertuliskan DAOP IX. Di dekatnya nampak 2 orang pemuda nampak duduk di atas kerikil rel kereta.

Saat ditemui, keduanya mengaku bernama Kurniawan,23 dan Mubasirul Fuad,22. Keduanya merupakan warga Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo yang bertugas menjaga perlintasan kereta api (KA).

Menurut Kurniawan, awal mula dirinya bertugas menjaga perlintasan kereta karena diajak petugas dari PT KAI.      “Sekitar 3 pekan lalu, saya sama Fuad (sapaan Mubasirul Fuad) diajak untuk menjadi petugas lepas menjaga rel kereta. Kemudian tanggal 24 Mei lalu, kami ke Jember untuk mendapat semacam latihan menjaga perlintasan,” jelasnya.

Keduanya diajarkan untuk menjaga perjalanan kereta api yang melintas selama arus mudik dan arus balik Lebaran. Untuk itu mereka dibekali perlengkapan untuk membantu tugasnya.

“Kami dapat rompi oranye, bendera, tanda pengenal, jadwal kereta yang melintas. Dengan adanya jadwal, kereta api yang melintas bisa terpantau,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, ketika ada peristiwa kecelakaan di perlintasan maupun kendaraan mogok ketika mendekati jam kereta melintas, maka petugas penjaga perlintasan harus sigap. “Kalau itu terjadi, kami harus berlari dari jarak 500 meter dari perlintasan sambil membawa bendera untuk memberitahukan kalau ada kejadian kecelakaan di perlintasan,” ujarnya.

Selama 5 hari bertugas ini belum ada peristiwa yang mengharuskan mereka memberi kabar KA yang akan melintas. “Alhamdulillah belum ada kejadian apapun sampai saat ini,” ujarnya.

Fuad menambahkan bahwa keduanya bekerja selama kurang lebih 20 hari. Terhitung sejak tanggal 26 Mei 2019 sampai 16 Juni 2019. “Kami bekerja 2 shift. Shift pagi dari pukul 06.00-14.00, kemudian shift sore dari pukul 14.00 sampai 21.00,” ujarnya.

Sebelumnya ditugasi untuk berjaga perlintasan tanpa palang pintu keduanya bekerja serabutan. “Saya pernah kerja di perusahaan, tapi berhenti 2 bulan yang lalu,” ujarnya.

Baik Fuad mau pun Kurniawan mengaku tidak tahu berapa honor yang diterima dari pekerjaan selama 3 minggu. Mereka mengaku senang lantaran setidaknya ada tambahan rezeki nantinya.

Saat disinggung mengenai tantangan yang harus dihadapi, kedua penjaga ekstra ini mengaku, tantangannya bukan datang dari warga yang melintas. Namun kondisi cuaca di Probolinggo yang berangin.

“Sekarang anginnya mulai kencang. Coba lihat tenda dari DAOP Jember sudah rusak kena angin,” ujar Kurniawan menambahkan.

Sementara itu Lukman Arief, manager Hukum dan Humas Daop IX Jember menjelaskan bahwa demi mengamankan perjalanan kereta PT KAI menempatkan petugas ekstra yang ditugaskan menjaga pintu perlintasan. “Total ada 130 petugas ekstra di Daop IX yang kami tugaskan selama masa angkutan Lebaran 2019 mulai 26 Mei sampai 16 Juni 2019,” ujar Lukman.

Petugas ekstra tersebut terdiri dari petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, petugas penjaga daerah rawan ekstra dan petugas pemeriksa jalur ekstra. Tugas dari petugas ekstra ini adalah mengamankan jalur perjalanan kereta api. Terutama di titik-titik perlintasan yang tidak memiliki palang pintu. (put/fun)