Jelang Lebaran, Kebut Perbaikan Jalan Jalur Alternatif Bakalan-Sengon

PURWOSARI – Selama arus mudik lebaran, sejumlah ruas jalan di Kabupaten Pasuruan berpotensi dipenuhi pengendara. Agar arus lalu lintas lancar, pemkab setempat pun berupaya mengoptimalkan jalur alternatif.

Salah satunya dengan memperbaiki ruas jalan alternatif, sehingga nyaman dilintasi saat lebaran. Hal itu seperti terpantau di ruas jalan Bakalan-Sengon, Kecamatan Purwosari. Sudah sepekan terakhir, ruas jalan alternatif itu diperbaiki.

Kabid Pembangunan Dinas PU Bina Marga, Cahyo Fajar memaparkan, perbaikan jalan itu sengaja dikebut menjelang lebaran. “Perbaikan jalan sudah berlangsung seminggu terakhir,” kata Cahyo saat dikonfirmasi Sabtu (1/6).

Menurut Cahyo, petugas di lapangan memperbaiki jalan rusak itu dengan cara tambal sulam. Beberapa titik jalan yang berlubang dipertebal dengan lapisan aspal baru. Hal itu dilakukan agar kondisi jalan lebih awet.

Cahyo menjelaskan, perbaikan jalan itu diprioritaskan pada titik kerusakan terparah saja. Sebab, volume kendaraan yang melintas di ruas jalan itu selama lebaran nanti diperkirakan cukup ramai. Sebab jalur Bakalan-Sengon juga menjadi alternatif menuju Kota Pasuruan.

“Jadi tidak sepenuhnya (diperbaiki total) di ruas jalan itu. Hanya kami prioritaskan yang parah saja,” jelasnya.
Sekiranya tidak membahayakan pengguna jalan yang melintas,” ungkap dia.

Cahyo menyebut, ada sekitar empat titik kerusakan yang cukup parah. Yakni berupa kerusakan berlubang yang terbilang lebar dan dalam. Sehingga cukup membahayakan pengguna jalan.

“Empat titik itu yang terparah. Namun ada puluhan titik yang rusak turut diperbaiki,” paparnya.

Sejauh ini, perbaikan jalan dilakukan sepanjang 7 kilometer di ruas jalan tersebut. “Yang terpenting untuk titik terparah sudah bisa dilintasi dengan aman. Jika sampai lebaran belum selesai akan dilanjutkan setelahnya,” tandasnya.

Selain di ruas jalan Bakalan-Sengon, perbaikan jalan juga dilakukan di Jalan Raya Gondangwetan dan Winongan. (tom/mie)