Begini yang Dilakukan Siswi SMPN 1 Kraksaan saat Tahu Raih Nilai Tertinggi

KRAKSAAN – Hasil Ujian Nasional (UN) jenjang SMP/MTs telah diumumkan. Tahun ini, nilai UN tertinggi diraih siswa SMPN 1 Kraksaan. Yakni atas nama Nilam Kartika Dewi, dengan total nilai 391,00.

Sementara nilai UN tertinggi kedua diraih Khoiriel Fikrie, siswa SMP Taruna dra Zulaeha Leces. Ia berhasil meraih nilai 385,00 dan peringkat 3 diraih Sandi Permana Putra dari SMPN 1 Kraksaan dengan total nilai 385,00.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengaku sangat bersyukur. Sebab, pengumuman kelulusan jenjang SMP negeri/swasta di Kabupaten Probolinggo dapat dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Kami berharap semua siswa lulus dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi sesuai zonasi masing-masing,” katanya.

Dewi menambahkan, alternatif lain bagi yang menghadapi kendala untuk melanjutkan ke jenjang formal (SMA/SMK/MA), untuk tidak putus asa. Mereka diimbau untuk melanjutkan ke pendidikan kesetaraan Paket C. “Pemerintah juga telah menyiapkan anggaran untuk Bantuan Operasional Pendidikan Kesetaraan,” tegasnya.

Dikatakan Dewi, tahun ini telah dialokasikan anggaran sekitar Rp 8 miliar untuk program pendidikan kesetaraan. Namun, anggaran itu untuk program paket A, B dan C.

Sehingga diharapkan, tidak ada anak yang putus sekolah atau drop out (DO). Tetapi, mereka bisa melanjutkan ke pendidikan kesetaraan. “Tahun ini ada sekitar 9.521 siswa SMP yang lolos sekolah dari SMP negeri/swasta di Kabupaten Probolinggo. kami berharap, mereka semua bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang di atasnya,” harapnya. (mas/mie)