Sepekan Aliran Air PDAM Kota Pasuruan Tak Lancar, Ini Penyebabnya

PANGGUNGREJO – Sejumlah warga di Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, mengeluhkan aliran air bersih yang tak normal. Sejak sepekan terakhir aliran air PDAM tidak lancar, sehingga banyak warga yang kesulitan mendapatkan air.

Salah seorang warga Kelurahan Mandaranrejo, Kecamatan Panggungrejo, Mustofa, 31, mengatakan, air dari PDAM sudah tak mengalir sejak tiga hari lalu. Terutama, saat pagi hari hingga menjelang malam. “Tentu menyulitkan karena buat masak untuk buka kalau sore. Harus antre ambil air kalau sedang mati,” ujarnya.

Kasubbag Transmisi dan Distribusi PDAM Kota Pasuruan Khoirul Anwar mengatakan, aliran air yang tidak normal itu dikarena pompa air pada rumah produksi di sumber mata air Umbulan. “Selama ini Panggungrejo memang dialiri dari pompa turbin peninggalan Belanda,” ujarnya.

Karena kondisi pompa turbin yang menua, kata Khoirul, kemampuannya hanya bisa mensuplai sekitar 2.600 pelanggan. Sementara, kebutuhan yang mesti disuplai saat ini mencapai 3.500 pelanggan. “Jadi, pompa turbin itu tidak memenuhi untuk mengalir ke Panggungrejo. Karenanya, saat ini kami pasang pompa baru di Umbulan,” jelasnya.

Pemasangan pompa itu sudah berlangsung sejak sepekan terakhir. Nantinya, pompa itu akan dioperasikan untuk mengalirkan air selama siang hari. Sementara malam harinya tetap menggunakan pompa turbin yang lama.

Pompa yang baru itu, kata Khoirul, bisa untuk menyuplai hingga 4.000 pelanggan. Sekarang masih dalam proses pemasangan. “Karena kan ini jaringan baru, harus membongkar yang lama, terus ngelas-ngelas untuk nyambung pipanya, ngeset tekanan jadi prosesnya agak lama,” ujarnya.

Khoirul menegaskan, pihaknya akan menyelesaikan pemasangan pipa itu sebelum Lebaran 1440 Hijriah. Sehingga, ribuan pelanggan di Kecamatan Panggungrejo tak kesulitan untuk mendapatkan air bersih. (tom/rud)