Proyek Dua Trotoar di Pasuruan Dilelang sebelum Lebaran

PURWOREJO – Pemkot Pasuruan berupaya agar peningkatan trotoar dan drainase di sejumlah titik segera terealisasi. Itu, dilakukan dengan mempercepat pengajuan lelang untuk menentukan pihak ke tiga yang akan mengerjakan proyek tersebut.

Ada dua trotoar dan drainase yang perlu diperbaiki tahun ini. Yakni, di sepanjang Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Purworejo dan Jalan Cemara, Kecamatan Panggungrejo.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan Akung Novajanto menjelaskan, pihaknya telah menyusun perencanaan yang matang untuk pengerjaan proyek itu. Saat ini telah siap diajukan ke tahap lelang. “Hanya saja, kemarin sempat ada beberapa bagian yang direvisi karena menyesuaikan peraturan yang baru. Sekarang sudah selesai,” ujarnya.

Akung menegaskan, pihaknya berencana mengajukan lelang dalam waktu dekat. Dengan harapan proses lelang juga segera berjalan. Sehingga, peningkatan trotoar dan drainase di dua lokasi itu lekas terlaksana. “Kami upayakan untuk diajukan pada pekan ini. Jadi, sebelum Lebaran sudah masuk tahap lelang,” ujarnya, Senin (27/5) lalu.

Lebih lanjut, Akung mengungkapkan, kondisi trotoar dan drainase di dua lokasi itu kurang representatif. Seperti, di Jalan Cemara belum ada sistem drainase yang memadai. Sehingga, ketika musim hujan sering tergenang. Peningkatan trotoar dan drainase di lokasi itu dianggarankan Rp 1,8 miliar.

Sedangkan, peningkatan trotoar dan drainase di sepanjang Jalan Wahidin Sudirohusodo akan mengusung konsep Kota Pusaka. Melalui proyek bernilai Rp 2 miliar itu, Pemkot akan membuka jalur pedestrian khusus di sepanjang trotoar sisi timur jalan. Mulai simpang Jalan Slagah hingga Jalan Sunan Ampel.

“Sistem drainasenya akan menggunakan box culvert. Selain itu, trotoar jalan bagi pejalan kaki juga diperlebar dua kali lipat dari lebar sekarang sekitar 1 meter,” ujar Akung. (tom/rud)