Mulai Operasionalkan Rest Area Sementara Tol Paspro

SUMBERASIH – Menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, pengelola jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) menyiapkan rest area. H-7, baru dua rest area yang sudah siap. Itu pun bersifat portable atau sementara. Lokasinya di Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih.

Sebagai informasi, rest area di tol Paspro direncanakan akan dibangun di dua kecamatan. Yaitu, di Tongas dan Muneng, Kecamatan Sumberasih. Masing-masing ada dua rest area di dua lokasi itu. Yaitu, di jalur utara dan selatan jalan tol.

Nah, di musim mudik ini, baru dua rest area yang siap. Yaitu rest area di KM 833 Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih. Baik itu di jalur timur maupun barat.

Sukiran, manajer operasional PT Trans Jawa Tol Paspro saat dikonfirmasi mengatakan, rest area sudah dikerjakan. Namun, on pogress dan terus berjalan. Pada H-7, rest area di KM 833 sudah dibuka. Baik itu di jalur dari timur maupun barat.

”Kami buka dan fungsikan dua rest area dulu. Satu rest area dari timur dan satu buat pengendara dari jalur barat. Semuanya ada di KM 833 daerah Muneng Sumberasih,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo.

Dilanjutkannya, rest area tol itu sudah bisa difungsikan. Ada toilet, musala, dan warung waralaba. Memang, sebagian fasilitas masih portable. Namun, setidaknya rest area itu bisa digunakan pengguna jalan tol Paspro untuk istirahat.

”Sudah dibuka sejak H-7 kemarin,” ujarnya. Saat ini, dua rest area di wilayah Tongas yang belum dikerjakan. Menurut Sukiran, dua rest area itu akan dikerjakan setelah Lebaran.

“Kalau dikerjakan saat arus mudik tidak mungkin. Karena dikhawatirkan mengganggu arus lalu lintas di sepanjang tol Paspro. Jadi, dua rest area sisanya akan dikerjakan setelah Lebaran,” ujarnya. (mas/hn)