Edarkan Pil Dextro, Pemuda asal Jurang Jero Gading Diamankan

PAJARAKAN – Lebaran tahun ini, Roni Hartono, 25, terpaksa melaluinya di balik jeruji besi. Pemuda asal Jurang Jero, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, itu diamankan polisi, Rabu (29/5) karena kedapatan mengedarkan pil Dextro.

Pelaku ditangkap petugas Narkoba Polres Probolinggo pukul 13.00. Tanpa perlawanan, dia diamankan di pinggir jalan desa Jurang Jero.

Iptu Sujilan, kasat Narkoba Polres Probolinggo mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan setelah ada warga setempat melapor. Warga mengaku resah dengan adanya pengedar pil di daerahnya.

Berdasarkan laporan itu, petugas melakukan penyelidikan dan mengintai pelaku. Hasilnya, ditengarai memang pelaku mengedarkan pil di daerah tersebut.

”Kami memastikan terlebih dulu. Setelah info itu benar, kami menangkap pelaku,” ujarnya.

Pelaku sendiri sebelum akhirnya ditangkap sedang melayani pembeli di sekitar kantor Desa Jurang Jero. Tidak ingin buruannya kabur, pihak kepolisian langsung menangkap pelaku.

“Saat ditangkap pelaku kedapatan membawa pil. Setelah itu, kami langsung bawa pelaku ke Mapolres untuk penyelidikan,” ujarnya.

Petugas juga mengamankan barang bukti dari pelaku. Yaitu, pol Dextrometrophan sebanyak 44 paket. Tiap paket berisi 9 butir dengan jumlah keseluruhan 396 butir. Selain itu, juga ada Trihexipenidly 26 paket. Tiap paket berisi 4 butir dengan jumlah keseluruhan 104 butir.

“Semuanya kami amankan untuk kepentingan penyelidikan. Pelaku pun dikenakan Pasal 197 sub 196 UU RI No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,” tegasnya. (sid/hn)