BBPJN Juga Stand By Pantau Jalan Selama Arus Mudik-Balik

PASURUAN – Tak Hanya kepolisian yang di Lebaran nanti mendirikan posko. Kenyamanan masyarakat saat melakukan mudik selama Lebaran tahun ini mendapatkan perhatian dari Pemprov Jatim. Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII membangun posko siaga Lebaran selama arus mudik dan balik Lebaran.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII wilayah Gempol Pasuruan Probolinggo Rudy Napitupulu mengungkapkan, BBPJN menyiapkan posko pengamanan mulai H-15 dan H+7 Lebaran. Posko ini ditempatkan di dekat pertigaan Selokiri, Desa Tembokrejo, Kecamatan Kraton.

“Kami membuka posko sebanyak 1 buah di wilayah Kraton, Kabupaten Pasuruan. Tujuannya, untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik,” katanya.

Rudy menjelaskan, posko ini nantinya akan beroperasi selama 24 jam dan akan dilengkapi dengan 4 orang petugas serta tempat istirahat bagi pemudik. Sehingga, jika pemudik kelelahan, mereka bisa beristirahat di tempat ini.

Selain itu, demi kenyamanan bagi pengendara saat melintas di jalan nasional wilayah Gempol sampai Probolinggo, pihaknya juga menyiagakan sejumlah petugas. Petugas ini bertugas untuk melakukan pemantauan terhadap infrastruktur jalan.

Kalau dari hasil pemantauan diketemukan infrastruktur jalan yang dinilai membahayakan pemudik. Seperti ada jalan yang rusak atau jalan berlubang, maka petugas tersebut akan melapor ke pos yang terletak di Sidoarjo agar segera melakukan perbaikan.

“Kami tetap melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan Dishub di wilayah Kabupaten/Kota Pasuruan dan Probolinggo. Sehingga, jika ada laporan jalan rusak, bisa ditangani,” terang Rudy. (one/riz/sid/rpd/fun)