Tambah Gazebo dan Ruang Ganti di Banyu Biru, Dianggarkan Rp 680 Juta

WINONGAN – Fasilitas di Pemandian Alam Banyu Biru, Winongan, Kabupaten Pasuruan, akan bertambah lagi. Selain pemeliharaan rutin, tahun ini bakal ditambah Gazebo dengan anggaran Rp 430 juta dari pemerintah pusat.

Untuk gazebo, dibangun di 8 titik. Ukurannya masing-masing 2,5 meter X 2,5 meter dengan lokasi disebar di tempat pemandian.

“Tujuannya, sebagai tempat istirahat bagi pengunjung,” terang Agung Maryono, kepala Disparbud Kabupaten Pasuruan melalui Budi Shoreanto, Kabid Industri Pariwisata.

Selain itu, juga ada tambahan tempat ganti atau tempat istirahat di sekitar panggung hiburan. Besarnya anggaran untuk fasilitas ini, Rp 250 juta. Sehingga, total anggarannya Rp 680 juta.

“Pemandian Alam Banyu Biru merupakan salah satu wisata alam ikonik di Kabupaten Pasuruan. Sehingga, perlu pembenahan dan tambahan fasilitas,” terang Budi.

Rencananya, pengerjaan fasilitas tambahan itu akan dilelang Juni mendatang. “Jika lelang lancar, targetnya bulan Juli sudah mulai dikerjakan. Dan, Desember fasilitas baru sudah bisa dinikmati pengunjung,” ujarnya.

Selain itu, tahun ini menurutnya tetap ada pemeliharaan rutin. Yaitu, mengganti lantai di kolam alami dan fasilitas yang rusak.

Budi mengatakan, semua anggaran untuk penambahan fasilitas di Banyu Biru berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat. Anggaran diberikan sebab Pemandian Banyu Biru merupakan salah satu potensi wisata penunjang Gunung Bromo. (eka/fun)