Sumber Sentong Jadi Tempat Favorit Warga Probolinggo untuk Ngabuburit

KEDOPOK – Banyak cara dilakukan kaum muslim dalam menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya bisa dimanfaatkan sambil menjalankan hobi. Seperti dilakukan sejumlah warga yang memilih menunggu waktu berbuka sambil memancing ikan.

Sejumlah warga terlihat memancing ikan di Sumber Sentong, di Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Bahkan, beberapa di antaranya juga membawa makanan untuk berbuka.

“Biasanya kalau nunggu buka, mancing ikan di sini. Lumayan menghabiskan waktu dapat ikan bisa buat sahur,” ujar Rahman, 40, warga Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok.

Rahman biasanya menghabiskan waktu untuk memancing mulai pukul 15.00 sampai 17.00. Menjelang Maghrib pulang. “Tapi, pernah juga mengajak anak mancing di sini sambil buka puasa di sini juga. Bawa makanan dari rumah,” ujarnya.

Namun, tidak semua orang yang datang ke Sumber Sentong untuk memancing. Ada juga yang sekadar bersantai sambil menunggu buka puasa. “Ini saya ajak anak sama istri cuma buat duduk-duduk. Kalau di rumah saja bosen. Makanya saya ajak ke sini,” ujar warga lainnya, Rohman Saleh, 45.

Warga indekos di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, ini memilih bersantai di Sumber Sentong karena teduh. Serta, tidak seramai di wilayah Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan. “Saya sering ngabuburit di pelabuhan. Tapi, sekarang terlalu ramai. Akhirnya pindah ke sini saja,” ujarnya. (put/rud)