Proyek Pembangunan Trotoar Bangil Tunggu Lelang

BANGIL – Pembangunan trotoar Jalan Untung Suropati Bangil, bakal direalisasikan pascalebaran. Sebab, proyek lanjutan itu baru diusulkan ke BLP untuk dilelang.

Hal itu disampaikan Kabid Perencanaan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Eko Bagus. Menurutnya, pembangunan trotoar dan saluran air di Jalan Untung Suropati Bangil, bakal dilanjutkan tahun ini. Pemkab sudah menyiapkan dana hingga Rp 750 juta untuk merealisasikannya.

Dana tersebut akan dipergunakan untuk membenahi saluran air serta trotoar jalan dari Plaza Bangil hingga Jembatan Kedunglarangan. Panjangnya sekitar 150 meter. “Sudah dialokasikan anggarannya. Tahun ini akan pembenahan saluran air dan trotoar di pusat Bangil, dilanjutkan hingga jembatan,” kata Eko –sapaan akrabnya –.

Menurut Eko, pembangunan trotoar baru bisa direalisasikan Juli. Karena saat ini masih menunggu proses tender di BLP. “Kemungkinan baru Juli ada pekerjaan. Sebab, pengerjaan masih menunggu pemenang tender,” tambahnya.

Pembenahan trotoar dan saluran air itu bukan tanpa alasan. Selain menggenang ketika musim hujan, juga dipengaruhi kondisinya yang kurang menunjang. Padahal, Bangil sudah menjadi ibu kota Kabupaten Pasuruan.

Karena itu, dilakukan pembenahan saluran air dan trotoar. Proyek tersebut dimulai tahun 2017. Di mana, Pemkab menyiapkan dana hingga Rp 1,5 miliar sebagai tahap awal. Selanjutnya, tahap ke dua direalisasikan tahun ini dengan anggaran separonya. (one/rf)