Pipa yang Pecah Diganti, Aliran PDAM ke Kertosari Normal Lagi

PURWOSARI – Setelah dua pekan mampet, akhirnya aliran PDAM ke pelanggan di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, normal lagi. Aliran air normal setelah PDAM melakukan perbaikan di pipa yang mampet.

Kabag teknik PDAM Kabupaten Pasuruan Eko Kristian menjelaskan, total ada 300 KK pelanggan PDAM di Desa Kertosari. Dan, saat ini aliran air ke para pelanggan itu normal lagi. Sebelum perbaikan, PDAM membuat sudetan pipa terlebih dahulu. Bahkan mendistribusikan air ke pelanggan, dengan truk tangki.

“Untuk perbaikan pipanya sudah selesai, terakhir Rabu (29/5). Sekarang airnya mengalir normal lagi. Mengalir lancar ke semua pelanggan di Desa Kertosari,” katanya.

Menurutnya, aliran PDAM sempat macet karena ada pipa yang tersumbat. Titiknya tepat berada di perbatasan Purwosari dengan Purwodadi. Tepatnya di utara Kebun Raya Purwodadi. Setelah dilakukan perbaikan selama empat hari, akhirnya aliran air normal lagi.

“Jadi, pipa ukuran sekitar empat dim yang terbuat dari paralon pecah di antara perbatan Purwosari dan Purwodari. Dan pecahannya itu kemudian menyumbat pipa. Sehingga, aliran air macet. Saat ini pipa yang pecah sudah kami ganti baru,” ungkapnya.

Bersamaan dengan selesainya perbaikan, aliran PDAM pun kembali normal. Karena itu, dropping air bersih menggunakan truk tangki yang dilakukan PDAM, otomatis dihentikan. (zal/fun)