Pengerjaan Fisik Tol Malang-Pandaan Diliburkan hingga H+7 Lebaran

PURWODADI – Meski jalan tol Malang-Pandaan (Mapan) seksi 1 sampai 3 sudah beroperasi, namun sejumlah pekerjaan fisik masih dilakukan. Saat jelang Lebaran, pekerjaan fisik itu dihentikan sementara waktu. Sampai H+7, baru pekerjaan dilanjutkan.

Pekerjaan fisik yang masih dilakukan di jalan tol yang menghubungkan Malang ke Pandaan itu yakni pembangunan rest area di Desa Sumbersuko, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan serta di Singosari, Kabupaten Malang.

Hal itu disampaikan Humas PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Tri, saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo melalui ponselnya beberapa waktu lalu. “Selama H-7 hingga H+7 Lebaran, semua pekerjaan fisik di sepanjang ruas jalan tol ini diliburkan dan tidak ada aktivitas. Sesuai imbauan dari PT Jasamarga pusat,” katanya.

Pertimbangan lain diliburkannya pekerjaan fisik tersebut, untuk memberikan kesempatan pada pekerja yang pulang kampung. Selain itu, pekerjaan fisik ditangguhkan agar mobilitas kendaraan selama arus mudik dan arus balik lebih lancar. Pasalnya, diperkirakan kendaraan yang melintas terjadi peningkatan hingga 50 persen.

“Keputusan ini sudah disampaikan ke perusahaan konstruksi pelaksana pembangunan jalan tol. Termasuk pada pelaksana subkontraknya. Imbauan ini harus dipatuhi karena ini juga berlaku pula di ruas jalan tol lainnya,” terang pria yang akrab disapa Agus. (zal/rf)