Tingkatkan Pelayanan, Polresta Pasuruan Maksimalkan Command Centre

PURWOREJO- Polres Pasuruan Kota terus berupaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Salah satunya menangani tindak kriminalitas dengan memaksimalkan command centre.

Kasubbag Humas Polresta Pasuruan AKP Endy Purwanto mengatakan, operasional command centre ini diresmikan sejak awal April. Di sana tersedia empat monitor utama yang dihubungkan dengan closed circuit television (CCTV) milik Pemkot Pasuruan.

Salah satu monitor ini digunakan untuk memantau simpang tiga dan simpang empat di Kota Pasuruan. “Jadi, jika ada kecelakaan ataupun kemacetan bisa segera kami pantau. Selanjutnya kami bisa melakukan tindakan secepatnya dengan menghubungi unit terkait,” ujarnya.

Endy menjelaskan, monitor lainnya digunakan untuk mengetahui lokasi personel yang bertugas. Monitor ini terhubung dengan aplikasi Paskot milik Polres Pasuruan Kota. Aplikasi Paskot ini berfungsi untuk mengurus dokumen kepolisian secara online.

Selain itu, aplikasi ini juga berguna untuk melaporkan tindak kriminalitas yang dialami pengguna atau masyarakat. Mereka bisa menggunakan aplikasi ini untuk melapor ke Polres Pasuruan Kota. Jika ada laporan, lampu sirine di command centre akan menyala.

“Kalau sirine menyala, berarti ada laporan, kami akan melihat lokasi pelapor di mana. Nanti lokasi petugas yang paling dekat dengan pelapor inilah yang akan dihubungi,” jelas Endy. (riz/rud)