Kasihannya Jasa Penukar Uang Baru di Jalan Panglima Sudirman, Tasnya Berisi Rp 3 Juta Raib Dicuri

PURWOREJO-Aksi pencurian di wilayah Pasuruan kian beragam modusnya. Yang terbaru, pelaku mengincar pemilik jasa penukaran uang baru di Jalan Panglima Sudirman (Pangsud), Kelurahan/Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Aksi pencurian ini terjadi Kamis (30/5) sekitar pukul 10.00. Satu tas jinjing kain berisikan uang tunai Rp 3 juta berupa pecahan 100 ribuan, power bank, charger HP, Smartphone merk Samsung, kartu BPJS Kesehatan raib digondol kawanan pencuri berjumlah tiga orang.

Pemilik jasa penurakan uang baru yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan kawanan pencuri ini datang menggunakan motor Honda Scoopy warna cokelat. Mereka terdiri dari pria, wanita dan anak berusia sekitar sembilan tahun.

Setibanya di Pangsud, wanita dan anak itu turun dari motor. Wanita tidak dikenal itu lantas meminta penukaran uang Rp 2,5 juta dalam bentuk pecahan 10 ribuan. Pemilik jasa penukaran uang itu lantas mengiyakan jika tersedia.

Saat itulah, pelaku mulai melancarkan aksinya. Ketika korban sedang menghitung uang pecahan 10 ribuan, pelaku berdalih hendak ke ATM BCA untuk mengambil uang. Taka lama kemudian, wanita yang bersama anak kecil itu langsung naik motor dan pergi ke arah utara.

“Anak itu duduk di dekat kali. Saya memang sempat memperingatkannya untuk tidak terlalu di pinggir agar tidak jatuh. Ternyata, saat saya sibuk, wanita dan anak itu langsung pergi dan tas saya berisi uang Ro 3 juta ikut hilang,” ungkapnya.

Pemilik jasa penukaran uang baru itu mengaku pihaknya belum melapor ke pihak kepolisian. Dirinya mengaku sudah mengikhlaskan uang tersebut dan memilih untuk tetap bekerja saja untuk mencari ganti uangnya yang hilang itu. “Sepertinya saya tidak akan melapor. Saya sudah mengikhlaskannya kok,” beber dia. (riz/fun)