34 CJH Kabupaten Pasuruan Lunasi BPIH di Hari Terakhir Tahap 3

BANGIL–Rabu (29/05) merupakan hari terakhir pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) bagi calon jamaah haji (CJH) yang masuk dalam kuota tambahan. Dan, 34 CJH tercatat sudah melunasi BPIH di hari terakhir.

Ini berarti 100 persen CJH yang masuk dalam pelunasan tahap ke tiga, dipastikan berangkat haji tahun 2019 ini. Dengan demikian, CJH yang berangkat tahun ini mencapai 1.505 CJH. Dengan rincian, tahap pertama yang melunasi 1.334 CJH, tahap ke dua 137 CJH, dan tahap ke tiga sebanyak 34 CJH.

Imron Muhadi, kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan mengatakan, pelunasan tahap ke tiga BPIH baru ada di tahun 2019. CJH yang masuk dalam pelunasan tahap ke tiga adalah CJH yang  berangkat melalui kuota tambahan.

Kabupaten Pasuruan sendiri mendapatkan kuota tambahan 34 CJH. Terdiri atas 4 CJH lansia dan 30 CJH yang sebelumnya masuk cadangan. Mereka ini harus melunasi BPIH pada 22 – 29 Mei.

Kendati CJH tahap ke tiga baru melunasi BPIH kemarin, namun Kemenag memastikan paspor mereka sudah selesai semua. “Termasuk biometrik, hari ini (kemarin) sudah terakhir untuk 18 CJH. Sehingga, saat ini kami tinggal menunggu pengurusan visa,” terangnya.

Tercatat, paspor yang sudah dikirimkan ke Provinsi Jawa Timur untuk pengurusan visa mencapai 1.299 paspor. Sedangkan sisanya dipastikan dikirim pada 31 Mei. Sehingga, seusai Lebaran, administrasi CJH sudah selesai. Tinggal manasik haji dan pengurusan koper. (eka/hn)