Siapkan Lelang 15 Ruas Jalan Lingkungan, Digarap Setelah Lebaran

PASURUAN – Sebanyak 15 ruas jalan lingkungan di Kota Pasuruan bakal segera diperbaiki. Rencananya, perbaikan akan dilakukan setelah Lebaran.

Kabid Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Uung Maf’udi menjelaskan, pihaknya masih menyiapkan keperluan administratif sebelum proyek itu diajukan ke tahap lelang di Bagian Layanan Pengadaan (BLP). Karena itu, proyek belum bisa dilelang hingga memasuki akhir triwulan. “Perencanaannya sudah ada. Kami sudah menyiapkan sejak awal,” katanya.

Ia memastikan, pihaknya akan menyerahkan 15 proyek itu ke proses lelang setelah Lebaran. Menurut Uung, sedikitnya ada 15 titik jalan lingkungan yang kondisinya kini rusak berat. Lokasinya tersebar di empat kecamatan.

Rinciannya, tujuh titik di Kecamatan Purworejo; dua titik di Kecamatan Gadingrejo; serta masing-masing tiga titik di Kecamatan Panggungrejo dan Bugul Kidul. Sebagian merupakan jalan aspal yang kondisinya saat ini sudah mulai mengalami kerusakan berat.

“Ini, kami sedang menyiapkan untuk diserahkan ke BLP. Rencananya akan diserahkan setelah libur hari raya nanti,” ujarnya.

Untuk proyek ini, dana Rp 4 miliar disediakan Pemkot Pasuruan. Jika proses lelang berlangsung cepat, diperkirakan perbaikan jalan dapat dimulai bulan Juli mendatang.

“Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk pekerjaan konstruksinya sekitar 3 bulan,” ungkap dia. (tom/hn)