Pengumuman SMP/MTs, Disdikpora Minta Sekolah Cegah Konvoi

PROBOLINGGO – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Probolinggo meminta sekolah untuk mencegah siswa konvoi saat merayakan kelulusan. Kelulusan pelajar SMP/MTs akan diumumkan Rabu ini (29/5) di masing-masing sekolah.

“Pengumuman kelulusan dilakukan di sekolah, tapi kami minta agar sekolah mengadakan kegiatan saat pengumuman kelulusan. Sebagian besar sekolah mengadakan acara perpisahan besok sekaligus pengumuman kelulusan,” ujar Budi Wahyu Rianto, kabid Pendidikan Dasar, Disdikpora Kota Probolinggo, Selasa (28/5).

Selain itu, menurutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mencegah aksi konvoi pelajar kelulusan SMP. “Dari segi usia mereka belum cukup umur untuk memiliki SIM. Jadi, kami telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mencegah konvoi,” ujarnya.

Budi mengungkapkan, Disdikpora tidak bisa memastikan angka kelulusan siswa SMP di Kota Probolinggo. Sebab, kelulusan merupakan kewenangan dari sekolah.

“Kami hanya menerapkan standar atau persyaratan seorang siswa bisa dinyatakan lulus dari sekolah,” ujarnya.

Standar kelulusan tersebut antara lain mengikuti program pendidikan di sekolah, mengikuti ujian nasional, serta penilaian dari sekolah tentang perilaku siswa selama menempuh pendidikan.

“Meskipun nilai UN kurang bagus, tapi penilaian sekolah terhadap perilaku siswa bagus, tetap bisa lulus. UN tidak menjadi satu-satunya unsur penilaian kelulusan siswa,” jelasnya. (put/hn)