Penetapan Caleg Terpilih Masih Tunggu Register MK

PROBOLINGGO – Sampai Selasa (28/5), KPU Kota Probolinggo belum menetapkan calon anggota legilatif terpilih. KPU masih menunggu register dari Mahkamah Konstitusi (MK) tentang ada atau tidaknya gugatan sengketa pemilu di Kota Probolinggo.

“Untuk penetapan caleg terpilih, kami masih menunggu register dari MK,” ujar Ahmad Hudri, ketua KPU Kota Probolinggo, Selasa (28/5).

Menurut Hudri, pihaknya mengacu pada Surat Edaran (SE) dari KPU RI Nomor 867/PL.01.8_SD/06/KPU/V/2019. Isinya tentang Penetapan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Tanpa Perselisihan Hasil Pemilu.

Dalam SE itu, tercantum bahwa KPU bisa menetapkan kursi dan calon terpilih bagi daerah yang tidak ada sengketa pemilihan. Waktunya, paling lama 3 hari setelah MK mencantumkan permohonan perselisihan hasil pemilu dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

Selain itu, SE juga menyebutkan, pencatatan permohonan pemohon dalam BRPK dalam perselisihan hasil pemilu DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilakukan pada tanggal 1 Juli. Ini, sesuai dengan ketentuan peraturan MK Nomor 2 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan MK Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Kegiatan, dan Jadwal Pemenangan Perkara Hasil Pemilu.

“Jika dalam register MK, Kota Probolinggo termasuk dalam daerah yang tidak ada sengketa Pemilu, maka bisa segera dilakukan penetapan caleg,” jelasnya. (put/hn)