PDAM Buat Sudetan Pipa sembari Tunggu Perbaikan Pipa yang Tersumbat

PURWODADI – Upaya untuk menangani macetnya air ke pelanggan PDAM di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, mulai dilakukan. Selasa (28/5), PDAM Kabupaten Pasuruan membuat koneksi injeksi atau sudetan pipa saluran air.

Sudetan pipa dikakukan di perbatasan Kecamatan Purwosari dengan Purwodadi. Tepatnya di sebelah utara Kebun Raya Purwodadi.

“Ini, sengaja kami tempuh agar air bersih tetap mengalir ke rumah pelanggan. Memang masih terbatas dan belum maksimal. Sekalian menunggu perbaikan saluran pipa air yang tersumbat,” ucap kabag teknis PDAM Kabupaten Pasuruan Eko Kristian.

Koneksi injeksi ini, menurutnya, sifatnya hanya sementara. Yaitu, memotong saluran utama yang saat ini posisinya tersumbat.

Jika perbaikan yang tersumbat selesai, maka koneksi injeksi atau sudetannya dilepas. Lalu, dikembalikan ke saluran utama lagi.

“Pekerjaan ini dikerjakan dari pagi hingga siang hari. Sorenya dioperasikan dan air bersih kembali mengalir normal, meskipun belum maksimal,” kata Eko.

Sambil menunggu saluran air kembali normal, pendistribusian air bersih melalui truk tangki ke rumah pelanggan tetap dilakukan. Yaitu, sehari dua kali dengan total 9.000 liter dari Pandaan.

“Kami tetap bantu pelanggan dengan dropping air bersih melalui truk tangki. Karena meskipun sudah ada sudetan, belum mencukupi kebutuhan pelanggan,” cetusnya. (zal/fun)