Pasar Wisata Cheng Hoo Sepi Pembeli

TAK BEROPERASI: Deretan kios di Pasar Wisata Cheng Hoo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, memilih tutup kerena sepi pembeli. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANDAAN – Memasuki Ramadan 1440 Hijriah, Pasar Wisata Cheng Hoo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, sepi. Deretan kios makanan-minuman, suvenir, dan kios buah banyak yang tutup. Kondisi ini terjadi sejak memasuki bulan puasa.

Sebagian pedagang buah masih ada yang beroperasi. Namun, berbeda dengan pedagang suvenir yang memilih tutup. Sedangkan, pedagang makanan dan minuman memilih beroperasi pada sore hingga malam. Itu pun hanya sebagian yang tetap berjualan.

“Para pedagang sengaja tutup saat pagi hingga sore karena memang sepi pembeli saat Ramadan. Ada yang buka, tapi tidak lebih dari separohnya,” ujar Kabid Perdagangan Disperindag Kabupaten Pasuruan Heru Hermandi.

Heru mengatakan, kondisi seperti ini juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya saat Ramadan. Sehingga, menjadi sesuatu yang biasa. Sebab, saat Ramadan, pengunjung yang mampir atau singgah ke pasar wisata ini jauh berkurang. Sehingga, pembelinya juga menurun.

“Pembelinya ada, tapi jarang dan warga lokalan saja. Mereka hanya mampir berbelanja buah. Nanti akan ramai lagi atau kembali normal saat Lebaran yang bersamaan liburan sekolah,” ujarnya. (zal/rud)