Musnahkan Ribuan Miras, Pil Koplo dan Knalpot Brong

PAJARAKAN – Ribuan botol minuman keras (miras), pil koplo, sabu-sabu, dan juga kenalpot brong dimusnahkan Polres Probolinggo. Ribuan barang bukti itu merupakan barang sitaan yang didapat dalam Operasi Pekat Semeru 2019, selama 12 hari mulai 15-26 Mei 2019.

Pemusnahan dilakukan di depan Mapolres Probolinggo. Disaksikan sejumlah perwakilan dari instansi terkait. Seperti dari Kodim 0820 dan Pemkab Probolinggo. Pemusnahan dilakukan dengan beberapa cara. Ribuan botol miras itu dimusnahkan dengan cara dilintas menggunakan mesin silinder aspal.

Pil koplo dimusnakan dengan cara diblander. Sedangkan knalpot brong dipotong. Rinciannya, 1.132 botol miras, 1.900 butir pil koplo, 10 buah knalpot brong, dan 5 unit motor protolan. Semuanya dimusnahkan tanpa sisa.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, barang-barang yang dimusnahkan itu merupakan barang sitaan yang didapat pada Operasi Pekat Semeru 2019. “Kami mengamankan sebanyak 432 tersangka. Itu diamankan dari 248 kasus,” ujarnya.

Tujuan pemusnahan ini sebagai tindak lanjut dari operasi pekat. Sehingga, barang barang yang telah diamankan tidak disalahgunakan. “Kami akan terus menggelar operasi serupa. Tujuannya, untuk mengurangi kenakalan remaja dan penyalahgunaan miras,” ujarnya.

Menurutnya, miras ini sangat bahaya jika disalahgunakan. Bahkan, beberapa kasus ada yang berujung kematian. “Kami akan terus memberantas peredaran miras, pil, dan sabu. Itu demi generasi dan masyarakat yang jauh dari perbuatan melanggar hukum,” ujarnya. (sid/rud)