Lebaran, Mobdin Pemkab Probolinggo Tak Boleh Luar Kota

KRAKSAAN – Larangan menggunakan mobil dinas (mobdin) untuk kegiatan mudik juga ditegaskan Pemkab Probolinggo. Namun, para pegawai atau pemegang mobil dinas itu boleh menggunakannya jika masih berada di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono mengatakan, sesuai surat imbau Pemprov Jawa Timur dan Pemerintah Pusat, mobdin dilarang digunakan untuk kegiatan mudik. Karenanya, pihaknya melalui Inspektorat akan melayangkan surat edaran terkait larangan tersebut. “Sesuai surat larangan dari Pusat. Mobil dinas tidak diperbolehkan digunakan untuk mudik,” katanya, Selasa (28/5).

Soeparwiyono menjelaskan, sejauh ini mobdin yang digunakan para pegawai sudah tertib. Mereka menggunakan sesuai keperuntukannya atau kegiatan kedinasan. Karena itu, pihaknya percaya para pegawainya tidak akan menggunakan mobdin untuk mudik. “Mobil dinas tidak perlu dikembalikan atau diparkir di kantor. Kami yakin dan percaya para pegawai patuh akan kebijakan yang dikeluarkan,” ujarnya.

Namun, Soeparwiyono mengatakan, bila mobdin itu digunakan dalam wilayah Kabupaten Probolinggo, tidak dilarang. Selama ada di Kabupaten Probolinggo, tugas mereka memantau dan mengawasi situasi wilayah Kabupaten Probolinggo. “Apalagi saat digunakan untuk salat Id di Kraksaan, itu tetap diperbolehkan. Karena saat itu masih dinas gelar kegiatan bersama,” ujarnya. (mas/rud)