Empat Aset Pemkab Probolinggo Ini Akan Dihapus

KRAKSAAN – Pemkab Probolinggo memiliki sejumlah aset bangunan di Kota Probolinggo. Dari sejumlah aset itu, ada yang sudah tidak difungsikan. Karenanya, Pemkab berencana menghapusnya sebagai aset daerah.

Dari data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, ada empat aset pemkab yang akan dihapus. Di antaranya Gedung Labkesda di belakang RSUD Mohamad Saleh; Kantor Dishub di Jalan Panglima Sudirman; bangunan di samping gedung Museum Kota Probolinggo; dan eks kantor Dinas Perikanan di sisi selatan Rumah Sakit Amanah.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Probolinggo Santiyono mengatakan, empat aset itu sebagian masih difungsikan dan sebagian sudah lama tak difungsikan. “Bekas kantor perikanan di sebelah selatan Rumah Sakit Amanah itu sudah lama tidak difungsikan,” katanya, Selasa (28/5).

Santiyono mengatakan, pihaknya masih akan mengkaji terkait penghapusan aset tersebut. Termasuk, akan berkonsultasikan ke Pemprov. “Termasuk bangunan di Gedung Museum, itu kami masih belum tahu pasti bagian mana yang menjadi aset Kabupaten Probolinggo. Kalau Gedung Museumnya itu milik Kota Probolinggo,” ujarnya.

Kantor Dishub masuk rencana penghapusan aset. Sebab, Dishub harus berkantor di wilayah Kota Kraksaan. Karena wilayah kerjanya lebih banyak di Kota Kraksaan. Sehingga, rencananya kantornya saat sudah ditukar guling atau sistem apapun bisa pindah ke Kraksaan.

“Sementara ini hanya itu aset Kabupaten Probolinggo yang direncanakan untuk dihapus. Tapi, bukan berarti dihapus lalu hilang begitu saja. Harus ada kepastian hukumnya,” ujarnya. (mas/rud)