Curi Motor di Musala Krampyangan saat Salat Tarawih, 2 Maling Dimassa

PASURUAN-Kekhusyukan masyarakat sekitar Jalan Patiunus, Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan saat menjalankan ibadah salat tarawih berjamaah, terganggu. Pemicunya ialah aksi dua pelaku pencuri motor yang terpergok saat sedang beraksi.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, aksi pencurian itu terjadi sekitar pukul 19.00. Tepatnya ketika salat tarawih sedang berlangsung di musala yang berada di Jalan Patiunus. Sejumlah motor terparkir di halaman musala.

Kondisi itu mengundang pelaku untuk berbuat jahat. Mereka yakni M Furqon, 23 asal Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo dan Azhari Lutfi, 40, warga Desa Batu Urip, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember. Kedua pelaku yang mengaku asal Probolinggo itu tiba di lokasi dengan berboncengan motor Honda Beat milik Furqon.

Setelah menilai situasi aman, Azhari Lutfi turun dari motor dan menuju ke salah satu motor yang terparkir di halaman musala. Selama temannya beraksi, Furqon menunggu diatas motor sembari bersiap untuk bergegas kabur jika motor curian telah didapat Azhari Lutfi.

Namun, hanya beberapa meter membawa kabur motor curian, aksi mereka diketahui warga. Teriakan maling pun membuat warga sekitar berhamburan keluar. Termasuk jamaah yang sedang salat di musala.

Aksi kejar-kejaran berlangsung singkat. Sebab, kedua pelaku berhasil dihentikan warga. Mereka pun menjadi bulan-bulanan massa yang geram. Kegeraman massa itu akhirnya reda setelah didatangi Tim Resmob Suropati Polres Pasuruan Kota.

Kedua pelaku kemudian diamankan ke Mapolres Pasuruan Kota untuk diintrogasi. Dihadapan petugas, pelaku mengaku terpaksa mencuri karena kehabisan uang di perjalanan.

Mereka mengaku bekerja sebagai kuli bangunan di Surabaya. Kemudian memutuskan untuk pulang lantaran tak dibayar selama dua pekan. Hal itu yang dijadikan alasan kedua pelaku untuk mencuri motor.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota, AKP Slamet Santoso membenarkan adanya aksi pencurian itu. “Keduanya sudah diamankan. Dan saat ini masih menjalani pemeriksaan,” ucapnya. (tom/mie)