Baznaz Kab Pasuruan Targetkan Bisa Kumpulkan Rp 341 juta dari ASN

PASURUAN – Menjelang Lebaran, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasuruan menerima Zakat fitrah dan Zakat Maal. Ditargetkan sampai menjelang Hari Raya bisa tercapai Rp 341 juta yang diperoleh dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Imam Istijab, Pelaksana bagian perencanaan Baznas Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa sejak awal Ramadan, Baznas sudah mulai mendapatkan sumbangan mulai dari zakat maal, infaq dan sodakoh. Sumbangan tersebut nantinya diberikan kepada Fakir Miskin atau kaum Duafa.

“Sedangkan zakat fitrah, tahun ini Pemkab Pasuruan juga mewajibkan ASN untuk menyalurkan zakat fitrah lewat Baznas. Hal ini sesuai dengan edaran yang Bupati Pasuruan Nomor 450/226/424.011/2019,” jelasnya.

Dijelaskan bahwa untuk ASN memang sudah sejak lama diwajibkan untuk berzakat lewat Baznas. Nantinya akan disalurkan lewat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diserahkan ke Kesra. Dan baru diserahkan oleh Bupati ke Baznas. Perorangnya sejumlah 2,75 kilogram atau uang sebesar Rp 33 ribu atau suami istri Rp 66 ribu.

Imam menambahkan, Baznas tak hanya menerima dari ASN Kabupaten Pasuruan. Tapi juga membuka jika ada masyarakat umum yang ingin menyalurkan zakat fitrah termasuk zakat maal, Infaq dan Shodakoh melalui Baznas.

Untuk Ramadan ini, Baznas bekerja sama dengan PC NU Kabupaten Pasuruan dan PC NU Bangil untuk pembagian zakat fitrah. “Untuk zakat fitrah di ASN Kabupaten Pasuruan sudah disosialisasikan untuk pengumpulan mulai 20 Mei. Targetkan pada 29 Mei sudah diserahkan ke Baznas,” terangnya.

Sedangkan untuk pembagian zakat fitrah akan mulai dilakukan pada 30 Mei sampai menjelang Lebaran. Nantinya zakat fitrah diberikan kepada fakir miskin dan kaum dhuafa di 24 kecamatan Kabupaten Pasuruan. (eka/fun)