Kemenag Target Tuntaskan Administrasi CJH sebelum Lebaran

PASURUAN – Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pasuruan dipastikan masuk di gelombang pertama pemberangkatan haji pada bulan Juli mendatang. Kendati akhir Mei ini masih ada tambahan pelunasan tahap ketiga, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan memastikan semua administrasi sudah selesai sebelum lebaran.

Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan, sampai pekan ketiga Mei, sebanyak 1.050 paspor yang dikirimkan ke Provinsi untuk diuruskan visanya. Sisanya dipastikan akan dikirim dalam minggu ini sebelum libur lebaran.

“Kami pastikan sebelum lebaran 100 persen pengurusan visa sudah beres, termasuk yang lunas tahap ketiga saat ini,” terangnya.

Tercatat di Kemenag Kabupaten Pasuruan CJH yang melunasi tahap pertama sebanyak 1.334 CJH. Dan di tahap kedua ada 137 CJH. Sedangkan tahap ketiga yang berlangsung mulai 22- 29 Mei mendatang ada 34 CJH dengan rincian 4 CJH Lansia dan 30 cadangan.Untuk cadangan sendiri karena sudah melunasi di tahap kedua dipastikan paspor sudah beres dan tinggal mengirimkan ke Provinsi.

“Untungnya yang Lansia di tahap ketiga ini, sudah dari awal tahun saat mengajukan, kami sudah menyuruh membuat paspor dulu. Kendati belum ada kepastian pasti berangkat tahun ini atau tidak, ternyata ada tambahan kuota. Sehingga secara adminstrasi sudah dipastikan beres tinggal menunggu pelunasan saja,” terangnya. (eka/fun)