Mudik Lebaran, 3,5 Km Jalan Pantura Gending Sudah Dilebarkan

GENDING – Jalur Pantura, di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, dipastikan bisa dilalui dengan normal pada masa arus mudik-balik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Proyek rekonstruki jalan nasional ini sudah diratakan sesuai rencana dan target.

Total jalan yang sudah dilebarkan dan ditinggikan mencapai 3,5 kilometer atau separo dari rencana 7,1 kilometer. Ada beberapa titik yang belum tersentuh sama sekali. Sebagian pula sudah rampung digarap.

Pengawas Jalan Nasional wilayah Probolinggo-Situbondo Candra Hervin mengatakan, sesuai rencana dan target, pengerjaan akan selesai H-10. Sabtu (25/5) lalu, merupakan pengerjaan terakhir sebelum libur panjang Hari Raya Idul Fitri. Minggu (26/5), sebagian pekerja hanya membersihkan bahu jalan. “Alhamdulillah sudah selesai sesuai target dan rencana. H-10, jalan dalam kondisi pengecorannya sudah diratakan,” katanya.

Candra mengatakan, proyek rekontruksi jalan ini ada dua tugas. Yaitu, pelebaran jalan dari 7 meter menjadi 11 meter. Serta, rekonstruksi lagi dengan peninggian badan jalan sampai 30 sentimeter. Itu akan dikerjakan sepanjang 7,1 kilometer di Kecamatan Gending. “Sejauh ini yang sudah dilebarkan dan ditinggikan sekitar 3,5 kilometer dari rencana 7,1 kilometer. Artinya, separo Jalan Raya Gending sudah dilebarkan dan ditinggikan,” terangnya.

Dengan kondisi saat ini, kata Candra, pihaknya berharap para pemudik bisa lebih nyaman. Jalan yang sudah dilebarkan itu diharapkan bisa melancarkan arus mudik. Meski ada titik-titik yang belum dilebarkan. “Hari ini (26/5) tahap pembersihan. Sebagian belum kami buka rambu di tepi jalan. Karena menunggu beton jalan benar kering dan kuat. Diperkirakan 2 harian,” ujarnya. (mas/rud)