Proyek Empat Pasar Digarap Juli, Optioistis Tak Sampai Terjadi Kemoloran

KRAKSAAN – Memasuki triwulan kedua di tahun ini, lelang proyek untuk proyek empat pasar di Kabupaten Probolinggo belum juga dilelang. Pemkab Probolinggo baru akan menuntaskan proses lelang bulan depan dan berharap di bulan Juli, proyek miliaran tersebut bisa dikerjakan.

Empat pasar yang akan dibangun yakni Pasar Lumbang dengan alokasi dana sebesar Rp 2,3 miliar, Pasar Sore, Kraksaan Wetan Rp 1 miliar, dan juga pasar Bucor di Pakuniran serta Pasar Besuk, yang sama-sama dianggarkan Rp 1,3 miliar .

Progres lelang sampai sekarang masih sekitar kurang lebih 30 persen. Dengan anggaran yang cukup besar itu, sehingga membuat prosesnya tidak mudah. Hal ini jugga diakui Kepala Bidang Pasar, Andi Woroso di Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag).

Dia mengatakan, pihaknya optimistis pembangunan keempat proyek revitalisasi tersebut tidak akan molor. Pasalnya, pihaknya untuk menyelesaikan persiapan lelang proyek tersebut masih memiliki waktu.

“Ini kan masih Mei. Kami masih memiliki waktu untuk mempersiapkan semuanya. Kami pastikan nanti bulan depan (Juni) sudah lelang. Jadi tidak akan molor itu, ” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, setelah lelang selesai langsung dilakukan pembangunan. Pembangunan sendiri dipastikan akan dilakukan pada bulan Juli. Itu dilakukan setelah pada Juni, lelang keempat pasar itu selesai.

“Kami yakin tidak akan molor. Kami sampai sekarang masih terus menyelesaikan perihal persiapan lelang, ” tuturnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Andi itu menuturkan, pembangunan pasar memang sengaja dilakukan setelah bulan Ramadan. Hal itu mengingat kegiatan pasar ramai ketika bulan puasa. Sehingga, berkaitan dengan rezeki orang, pembangunan pasar dilakukan setelah Lebaran.

“Itu sudah tidak bisa ditawar lagi. Kalau Lebarannya seperti bulan sekarang, maka pembangunan dilakukan setelah lebaran. Beda lagi, kalau lebarannya pada bulan Juni atau Juli, lelangnya kami lakukan sebelum Lebaran, ” ungkapnya.

Sejauh ini, untuk persiapan relokasi pedagang sendiri masih dalam tahap pembahasan. Pihaknya menyediakan dua opsi setiap pasar untuk digunakan tempat relokasi. Dua opsi itu, nantinya disodorkan kepada pihak pedagang.

“Sudah pembahasan. Nanti tinggal minta persetujuan pedagang. Dan setelah itu baru setelah setuju langsung direlokasi sementara, ” terangnya. (sid/fun)