Transaksi Jual-Beli Emas Meningkat Jelang Lebaran, Pengamanan Diperketat

BANGIL – Jelang Lebaran, patroli rutin diintenskan Polres Pasuruan. Petugas gabungan dari Polres Pasuruan melakukan patroli di toko-toko emas yang ada di wilayah Sukorejo dan Pandaan.

Kabagops Polres Pasuruan Kompol Subadar menyampaikan, patroli itu dilakukan untuk menjaga kondusivitas jelang Lebaran. Ia tak mau kecolongan dengan aksi-aksi kejahatan, seperti perampokan dengan menggunakan bondet atau sebagainya.

Pasalnya, jelang Lebaran, tingkat transaksi jual-beli emas cenderung meningkat. Hal inilah yang menurutnya berisiko besar munculnya tindak kriminal. “Kami siap siaga untuk menghalau aksi-aksi kejahatan. Baik personel maupun kelengkapan senjata sudah kami siapkan,” kata Subadar.

Subadar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tim khusus. Tim ini akan melakukan patroli saat senja dan saat fajar. Tim-tim inilah yang akan bertugas untuk mewaspadai ancaman-ancaman kerawanan kejahatan selama Ramadan dan menjelang Lebaran.

“Selain patroli di kawasan pertokoan, juga akan memantau aktivitas bank-bank di wilayah hukum Polres Pasuruan. Kami juga mengedukasi ke semua toko untuk melengkapi CCTV dan meminta pihak-pihak toko untuk tidak segan-segan lapor ke polisi kalau ada kejahatan. Pelayanan pengamanan ini gratis,” katanya. (one/rf)