Dua Rumah Terbakar di Gejugjati-Lekok, Satu Ludes, Penghuni Pingsan

LEKOK – Insiden kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Pasuruan. Kali ini si jago merah melalap dua rumah milik warga di RT 1 RW 4, Dusun Krajan Utara, Desa Gejugjati, Lekok. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Namun kebakaran sempat membuat salah satu penghuni di dalam rumah, pingsan dan harus dilarikan ke puskesmas.

Informasi yang direoleh radarbromo.jawapos.com di lokasi kejadian, kebakaran terjadi sekitar pukul 20.15. Kebakaran mulanya diketahui menimpa rumah Satukan, 55, warga setempat. Namun api yang membesar, merembet ke rumah Paimo, yang tak lain tetangga Satukan.

Sebelum kebakaran terjadi, Satukan selaku pemilik rumah dikabarkan sedang keluar untuk sambang ke rumah sanak keluarganya. Dan di dalam rumah hanya ada mertuanya yakni Aris, 70, dan Ani, 68, serta cucu mereka yakni Ani. Entah mengapa tiba-tiba api muncul dari atap rumah dan langsung membakar seisi rumah yang terbuat dari tembok.

“Mulanya ada warga pulang dari tarawih yang melihat percikan api dari atap rumah. Lalu secepatnya memberi tahu orang di dalam rumah (Aris dan Ani). Api lalu membesar dan merembet ke rumah sebelahnya (rumah Paimo),” beber Soleh, warga sekitar.

DUA RUMAH: Selain membakar rumah Satukan, api juga merembet rumah Paimo, yang bertetangga dengan Satukan. Lokasi kebakaran merupakan rumah padat penduduk. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Saat api membakar, di dalam rumah ada Afi, yang merupakan anak Satukan. Diduga karena kaget dan menghirup banyak asap, Afi pingsan. Beruntung warga skeitar sigap. Afi kemudian seceptnya dibawa ke puskesmas Lekok.

Begitu api membakar, pemdes Gejugjati langsung menghubungi pemadam kebakaran, Dua unit mobil damkar milik Pemkot dan Pemkab Pasuruan lalu datang dan memadamkan api.

“Bersama Damkar, warga juga ikut memadamkan api. Tapi rumah Satukan sudah ludes terbakar bersama isinya,” beber Suprayitno, Kades Gejugjati.

Meski begitu, warga dan petugas damkar berhasil mencegah api kian melebar. Sehingga rumah Paimo yang berada di sebelah rumah Satukan, hanya sebagian yang terbakar. (ube/fun)