Ini Jalur Black Spot Rawan Kecelakaan di Wilayah Polresta Pasuruan

RAWAN LAKA: Sejumlah kendaraan melintas di jalur rawan kecelakaan di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota. Di wilayahnya, ada jalan sepanjang 1 kilometer yang dinyatakan sebagai daerah rawan kecelakaan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – Mendekati arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 hijriah, Polres Pasuruan Kota memetakan jalur black spot atau rawan kecelakaan. Satlantas juga berencana mengajukan penambahan lampu penerangan jalan umum (PJU) di titik black spot.

Pemetaan ini dilakukan bersama dengan tim Subdit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Polda Jatim, Senin (20/5) lalu. Hasilnya, ada satu titik di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota yang masuk black spot. Yakni, di Jalur Pantura KM 68 sampai KM 69.

Kanit Laka Satlantas Polres Pasuruan Kota Iptu Ahmad Jayadi mengatakan, titik rawan laka di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota sepanjang satu kilometer. Mulai dari Jalan Raya Kemantrenrejo sampai depan pabrik Chiel Jedang Pasuruan. “Ada kunjungan dari tim subdit Kamsel dari Polda Jatim. Tujuannya mengecek black spot di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota,” ujarnya.

Jayadi mengatakan, penilaian black spot ini dilihat dari fatalitas jumlah kecelakaan. Serta, memang banyaknya korban jiwa di jalur tersebut. Pemetaan ini dilakukan sebagai salah satu tindakan antisipasi menghadapi arus mudik Lebaran 1440 H.

Menurutnya, pihaknya akan bekerja sama dengan instansi terkait untuk mengadakan langkah antisipasi. Di antaranya, dengan memasang banner sebagai imbauan untuk selalu berhati-hati dalam berlalu lintas. Di samping itu, juga akan berkoordinasi dengan pekerjaan umum (PU) untuk menambah lampu PJU.

“Memang penerangan jalan di lokasi itu kurang. Karena kebanyakan kecelakaan ini terjadi saat malam hari. (Penambahan PJU) Paling tidak bisa mengurangi kecelakaan di jalan ini,” ujar Jayadi. (riz/rud)